Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Pembelajaran PAI (Studi Analisis di SMAN 1 Krueng Barona Jaya)

Rinda Agustina, 170201002 (2021) Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Pembelajaran PAI (Studi Analisis di SMAN 1 Krueng Barona Jaya). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembelajaran PAI] Text (Pembelajaran PAI)
Rinda Agustina, 170201002, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB)

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan suatu rencana yang berisi tentang rangkaian kegiatan, yang sudah disusun secara sistematis untuk mencapai tujuan pembelajaran, penelitian ini dilaksanakan berdasarkan masalah yang terjadi pada kegiatan pembelajaran guru PAI di SMAN 1 Krueng Barona Jaya, yaitu guru dalam pembelajaran menggunakan strategi konvensional yaitu strategi ekspository (kegiatan pembelajaran yang berpusat pada guru), sehingga guru yang lebih aktif. Siswa cenderung hanya mendengarkan penjelasan dari guru pada saat proses pembelajaran. Hal ini akan berdampak kepada siswa, siswa terlihat kurang aktif pada saat proses belajar dan tidak ada timbal balik antara guru dan siswa. Oleh karenanya dalam pembelajaran, guru diharapkan memiliki strategi yang tepat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran PAI di SMAN 1 Krueng Barona Jaya dan kendala apa saja yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran PAI di SMAN 1 Krueng Barona Jaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran PAI di SMAN 1 Kruenng Barona Jaya dan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam meningkatkan pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dikumpulkan melalui hasil observasi, wawancara, dokumentasi. Data dianalisis melalui deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran PAI di SMAN 1 Krueng Barona Jaya sudah baik, dan meningkat. Hal ini diperoleh dari hasil wawancara guru PAI, strategi yang digunakan guru PAI di SMAN 1 Krueng Barona Jaya dalam meningkatkan pembelajaran menggunakan strategi discovery learning melalui pendekatan saintifik. Dengan menggunakan strategi tersebut terlihat peningkatan bahwa siswa dari yang tidak aktif dalam pembelajaran menjadi aktif karena siswa mencari dan menemukan sendiri materi pembelajaran. Sedangkan kendala yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran yaitu kurangnya minat belajar siswa Dan kurangnya motivasi orang tua untuk mendorong anaknya untuk belajar. Maka usaha yang dilakukan guru PAI terhadap anak yang tidak berminat dalam belajar yaitu dengan memberikan perhatian, guru PAI lebih mendekatkan diri pada siswa yang tidak mau belajar, guru PAI juga memberikan motivasi kepada siswa. sehingga siswa merasa diperhatikan dan akan bersemangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rinda Agustina Rinda
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:08
Last Modified: 16 Jun 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21258

Actions (login required)

View Item
View Item