Analisis Pengawasan Dewan Pengawas Syariah Terhadap Produk Rahn dan Murabahah di PT. Bank Aceh Syariah

Yuni Lahena, 17060345 (2022) Analisis Pengawasan Dewan Pengawas Syariah Terhadap Produk Rahn dan Murabahah di PT. Bank Aceh Syariah. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Pengawasan Dewan Pengawas Syariah Terhadap Produk Rahn dan Murabahah di PT. Bank Aceh Syariah] Text (Analisis Pengawasan Dewan Pengawas Syariah Terhadap Produk Rahn dan Murabahah di PT. Bank Aceh Syariah)
Yuni Lahena, 170603245, FEBI, PS, 082272032356.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Masih banyak di kalangan masyarakat yang mempertanyakan kesyariahan operasional produk rahn dan murabahah serta pola pengawasan kedua produk ini oleh DPS. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengawasan DPS pada produk rahn dan murabahah PT. Bank Aceh Syariah dengan metode deskriptif kualitatif dan narasumber penelitian adalah DPS, Pimpinan beserta Staf pembiayaan Bank Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DPS dalam mengawasi produk rahn dan murabahah selalu memeriksa langsung ke lembaga bersangkutan minimal dua kali setahun, dengan memperhatikan objek, bukti-bukti transaksi dan akad yang memenuhi rukun sesuai aturan syariah serta kesesuaian SOP yang ditetapkan OJK. Namun, di awal konversi DPS menemukan penyimpangan pada produk murabahah berupa ketidakcukupan akad transaksi akibat kurangnya pemahaman pegawai bank terkait akad. Dengan ini, DPS memberi opini terkait kesalahan akad yang dilakukan dalam transaksi untuk dilakukan perbaikan. Penelitian ini juga menyarankan untuk melakukan penelitian pada produk lain dengan melihat kesesuaian SOP dan sistem pengawasan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pengawasan, Rahn, Murabahah, DPS.
Uncontrolled Keywords: Dr. Israk Ahmadsyah, B.Ec., M.Ec., M.Sc Ana Fitria, S.E., M.Sc
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.225 Rahm (Pegadaian)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Yuni Lahena Yuni
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:07
Last Modified: 16 Jun 2022 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21259

Actions (login required)

View Item
View Item