Pengaruh Metode Bercerita Dengan Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak di UPTD SPF PAUD Negeri 1 Singkohor Aceh Singkil.

Fitri Yuliana M, 170210080 (2021) Pengaruh Metode Bercerita Dengan Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak di UPTD SPF PAUD Negeri 1 Singkohor Aceh Singkil. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Metode Bercerita Dengan Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak di  UPTD SPF PAUD Negeri 1 Singkohor Aceh Singkil.] Text (Pengaruh Metode Bercerita Dengan Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak di UPTD SPF PAUD Negeri 1 Singkohor Aceh Singkil.)
Fitri Yuliana M, 170210080, FTK, PIAUD, 082370809924.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Bahasa ekspresif merupakan bahasa lisan dimana mimik, intonasi, dan gerakan tubuh dapat menjadi pendukung komunikasi yang dilakukan. Adapun kemampuan bahasa ekpresif anak usai 4-5 tahun adalah seperti mengulang kalimat sederhana, bertanya dengan kalimat yang benar, menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan, dan menyebutkan kata-kata yang dikenal. Adapun rumusal masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh metode bercerita dengan big book untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak di UPTD SPF PAUD Negeri 1 Singkohor Aceh Singkil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita dengan big book untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak di UPTD SPF PAUD Negeri 1 Singkohor Aceh Singkil. Rancangan penelitian ini adalah Pre-Eksperiment dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas TK B yang berusia 4-5 tahun di UPTD SPF PAUD Negeri 1 Singkohor Aceh Singkil berjumlah 30 orang, dan sampel yang digunakan adalah 17 orang anak yang berusia 4-5 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat pengaruh penerapan metode bercerita dengan big book untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Dalam penelitian ini, peneliti mendapatkan hasil pre-test adalah 39,09 dan mendapat hasil post-test adalah 70,45. Berdasarkan analisis uji-t diperoleh thitung = 9,93 dan ttabel =1.746 dengan derajat bebas (db) 16 pada taraf signifikan α= 0,05. Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga Ha diterima dan HO ditolak. Dengan demikian pengaruh metode bercerita dengan big book untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun meningkat dengan N-gain 0,6 dalam kategori sedang sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh metode bercerita dengan big book untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak di UPTD SPF PAUD Negeri 1 Singkohor Aceh Singkil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Fitri Yuliana M
Date Deposited: 17 Jun 2022 02:14
Last Modified: 17 Jun 2022 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21268

Actions (login required)

View Item
View Item