Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Lurus di Kelas X SMA Negeri Bunga Bangsa Darul Makmur Nagan Raya Aceh

Heni Setia Sari, 251324455 (2017) Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Lurus di Kelas X SMA Negeri Bunga Bangsa Darul Makmur Nagan Raya Aceh. Skripsi thesis, Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Model Pemelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Model Pemelajaran)
HENI SETIA SARI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah model yang diterapkan oleh seorang guru dalam menyampaikan materi. Berdasarkan hasil observasi awal di SMA Negeri Bunga Bangsa Darul Makmur Nagan Raya Acehmenunjukkan proses pembelajaran fisika masih dominan dengan metode ceramah dan teacher center, siswa cenderung hanya menerima dan kurang terlibat langsung dalam mencari suatu jawaban dari permasalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi Gerak Lurus di kelas X SMA Negeri Bunga Bangsa Darul Makmur Nagan Raya Aceh dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model inkuiri terbimbing tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan melalui tes tulis dan angket, kemudian data tersebut dianalisis melalui SPSS versi 16.0 untuk uji normalitas data dan manual untuk uji homogenitas dan hipotesis. Hasil uji statistik ditemukan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,50 > 1,67 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar siswa dan siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap model inkuiri terbimbing dengan rata-rata persentase setuju 64,92 % dan sangat setuju 29,47 %. Hal ini menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing merupakan salah satu pembelajaran yang bagus dan efektif untuk diterapkan pada pembelajaran Sains dikarenakan siswa dapat berperan aktif dan mengembangkan daya pikirnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Muliadi Kurdi, M.Ag; 2. Fitriyawany, M, Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2108 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2018 06:50
Last Modified: 19 Jan 2018 06:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2128

Actions (login required)

View Item
View Item