Konsep Keteladanan Orang Tua dalam Mendidik Anak Usia Dini Menurut Abdullah Nashih Ulwan

Ramuna Misda, 170210064 (2021) Konsep Keteladanan Orang Tua dalam Mendidik Anak Usia Dini Menurut Abdullah Nashih Ulwan. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Konsep Keteladanan Orang Tua dalam Mendidik Anak Usia Dini Menurut Abdullah Nashih Ulwan] Text (Konsep Keteladanan Orang Tua dalam Mendidik Anak Usia Dini Menurut Abdullah Nashih Ulwan)
Ramuna Misda, 170210064, FTK, PIAUD, 082304420869.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Bacaan, buku atau literatur pada zaman ini yang masih minim membahas tentang konsep keteladanan orang tua dalam mendidik anak usia dini khususnya menuurut Abdullah Nashih Ulwan. Abdullah Nashih Ulwan merupakan seorang ulama besar yang memusatkan perhatianya terhadap keteladanan. Permasalahan dalam penelitian ini tentang keteladanan menurut Abdullah Nashih Ulwan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang menggunakan buku, kitab atau artikel dan lainnya yang berkaitan dengan pembahasan ini sehingga ditemukan data-data yang akurat dan jelas. Adapun konsep Abdullah Nashih Ulwan dalam membentuk keteladanan pada orang tua dalam mendidik anak usia dini dengan mencontoh dari tauladan Rasulullah yakni dalam keteladanan ibadah, keteladanan kerendahan hati, keteladanan dalam kesantunan, keteladanan dalam kekuatan fisik, keteladanan berpolitik, keteladanan memegang prinsip, keteladanan kejujuran, keteladanan berbuat adil, keteladanan dalam kasih sayang, sehingga anak dapat berjalan dengan baik. Dan Sifat orang tua dalam menerapkan keteladanan dalam membentuk anak yakni takwa, ikhlas, berilmu, sabar, memilih lingkungan yan baik, amanah, kasih sayang dan pendidikan yang cukup pada anak. Dengan adanya pembentukan keteladanan seperti yang dikonsepkan oleh Abdullah Nashih Ulwan tentang keteladanan orang tua senantiasa dapat membentuk generasi-generasi bangsa yang mempunyai keteladan yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Ramuna Misda
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:13
Last Modified: 20 Jun 2022 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21342

Actions (login required)

View Item
View Item