Analisis Item Test Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika Di SMKN 2 Meulaboh

Sri Hefi Maulidia, 150211081 (2022) Analisis Item Test Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika Di SMKN 2 Meulaboh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang analisis item test pada mata pelajaran Elektronika] Text (Membahas tentang analisis item test pada mata pelajaran Elektronika)
Sri Hefi Maulidia, 150211081, FTK, PTE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pelajaran Dasar Elektronika merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari di SMK N 2 Meulaboh Setiap tahunnya diadakan ujian. Ujian semester genap tahun ajaran 2019/2020 dilakukan dengan ujian tertulis dalam bentuk soal pilihan berganda. Sampai saat ini soal belum pernah dievaluasi tingkat kesukaran soal dan daya beda.Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kesukaran soal dan daya beda soal pada mata pelajaran Dasar Elektronika semester genap tahun ajaran 2019/2020 di SMK N 2 Meulaboh. Dalam penelitian digunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini lembar soal ujian siswa kelas X SMK N 2 Meulaboh yang ikutitest ujian semester ganjil. Sedangkan sampelnya 35 soal yang dijawab oleh 30 siswa kelas X yang diambil dengan teknik purposif sampling. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik dokumentasi. Data dalam penelitian ini menggunakan rumus mencari tingkat kesukaran soal dan rumus menghitung daya pembeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal buatan guru mata pelajaran Dasar Elektronika kelas X tahun ajaran 2019-2020 di SMK N 2 Meulaboh jika ditinjau dari tingkat kesukarannya, butir-butir soal tergolong sedang atau cukup. Hal ini dapat diketahui bahwa dari 35 butir soal tergolong dalam soal kategori sukar sebanyak 5 buah soal (14%), soal cukup 18 (52%) dan soal mudah sebanyak 12 buah (34%). Dilihat dari daya beda soal, dapat dikategorikan cukup (sedang). Hal ini juga dapat dilihat dari hasil analisis 35 butir soal, terdapat 13 butir soal (37%) termasuk katagori jelek, 7 soal (20%) berkatagori cukup, 8 soal (23%) tergolong katagori baik dan 7 (20%) tergolong baik sekali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
100 Philosophy and Psychology > 160 Logic (Logika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Sri Hefi Maulidia
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:13
Last Modified: 22 Jun 2022 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21367

Actions (login required)

View Item
View Item