Determinan Variabel Makroekonomi Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh

Marlina. S, 160604055 (2021) Determinan Variabel Makroekonomi Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Determinan Variabel Makroekonomi Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh] Text (Determinan Variabel Makroekonomi Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh)
Marlina. S, 160604055, FEBI, IE, 081533178175.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pendapatan Asli Daerah merupakan hak pemerintah daerah yang diakui sebagai penambah nilai kekayaan bersih yang bersumber dari pajak daerah, retribusi daerah, pengelolaan kekayaan daerah dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh PDRB, belanja daerah dan jumlah penduduk terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten/kota di Provinsi Aceh. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan berupa regresi data panel, dengan menentukan model regresi terbaik dari ketiga model regresi data panel yaitu common effect model, fixed effect model, dan random effect model. Model yang cocok adalah fixed effect model. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa PDRB berpengaruh positif terhadap PAD kemudian belanja daerah juga berpengaruh positif terhadap PAD sedangkan jumlah penduduk berpengaruh negatif terhadap PAD. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan maka dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama PDRB, belanja daerah dan jumlah penduduk dapat mempengaruhi penerimaan PAD di 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh. Rekomendasi dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada pemerintah daerah agar terus menggali sumber potensi ekonomi yang dapat berpengaruh langsung terhadap peningkatan penerimaan PAD kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dr. Suriani SE., M.Si Abrar Amri., S.Pd.I., SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Belanja Daerah, Jumlah Penduduk, Pendapatan Asli Daerah.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 336 Keuangan Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Marlina. S
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:50
Last Modified: 20 Jun 2022 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21379

Actions (login required)

View Item
View Item