Peningkatan Pemasaran Harvies Coffee Shop Banda Aceh Melalui Digital Marketing

Raudhatul Hasanah Lie, 170401014 (2022) Peningkatan Pemasaran Harvies Coffee Shop Banda Aceh Melalui Digital Marketing. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Peningkatan Pemasaran Harvies Coffee Shop Banda Aceh Melalui Digital Marketing] Text (Peningkatan Pemasaran Harvies Coffee Shop Banda Aceh Melalui Digital Marketing)
Raudhatul hasanah lie, 170401014, FDK, KPI, 085161763993.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peningkatan Pemasaran Harvies Coffee Shop Banda Aceh Melalui Digital marketing.” Sudah seharusnya digital marketing diterapkan dalam strategi usaha dalam menghidupkan roda perekonomian secara tidak konvensional sehingga mempengaruhi komunikasi pemasaran dan mulai terintegrasi dengan digital, namun pada penerapannya Harvies Coffee Shop hanya menggunakan Instagram sebagai media digital marketing-nya namun sudah mampu meningkatkan penjualan secara signifikan. Fokus masalah yang diangkat, yaitu: (1) Bagaimana strategi Harvies Coffee Shop dalam upaya peningkatan pemasaran produk melalui digital marketing (2) bagaimana kendala dan manfaat penerapan digital marketing bagi Harvies Coffee Shop. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai penerapan digital marketing di Harvies Coffee Shop. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi pemasaran terpadu. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa strategi komunikasi melalui digital marketing Harvies Coffee Shop dan penyebab peningkatan pemasaran yang signifikan hanya berdasarkan penggunaan Instagram sebagai digital marketing yaitu pengguna Instagram yang masif di kota Banda aceh dan mampu dilakukannya komunikasi dua arah melalui Instagram. Dua poin ini tidak terdapat pada jenis digital marketing yang lain sehingga dengan dipilihnya Instagram sebagai satu-satunya alat marketing oleh Harvies Coffee Shop, selanjutnya juga didukung dari strategi Harvies Coffee Shop dalam marketing yaitu penyampaian Positioning statement di setiap postingan Instagram dengan menggunakan konten marketing serta menjalin hubungan dengan pelanggan secara fast respond (cepat tanggap) di media sosial. Berdasarkan temuan penelitian, ditemukan bahwa Harvies Coffee Shop juga menerapkan bauran pemasaran—4P (product, price, place, dan promotion). Namun pada penerapannya masih terdapat sedikit kendala berkaitan dengan promosinya. Saran bagi pelaku usaha yakni tetap menjalankan aktivitas pemasaran, baik konvensional maupun digital dengan konsisten, terutama mengenai digital marketing bisa dikembangkan lagi dalam pengelolaannya, karena selama ini masih dimanajemen sendiri oleh Harvies Coffee Shop.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Digital marketing, Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu, Harvies Coffee Shop, Instagram, Baruan Pemasaran
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Raudhatul Hasanah Lie Raudhah
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:56
Last Modified: 20 Jun 2022 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21380

Actions (login required)

View Item
View Item