Efektivitas Pembelajaran Fikih selama Pandemi Covid-19 dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di MTsN 4 Pidie

Assya Syahnaz NIM. 170201077, 170201077 (2021) Efektivitas Pembelajaran Fikih selama Pandemi Covid-19 dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di MTsN 4 Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Pembelajaran Fikih selama Pandemi Covid-19 dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di MTsN 4 Pidie] Text (Efektivitas Pembelajaran Fikih selama Pandemi Covid-19 dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di MTsN 4 Pidie)
Assya Syahnaz, 170201077, FTK, PAI, 085212566034.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Melandanya wabah covid-19 pada akhir tahun 2019 berdampak besar bagi setiap sektor kehidupan, banyak perubahan-perubahan signifikan yang terjadi salah satunya yaitu pada sektor pendidikan. Berlakunya sistem pembelajaran daring dan luring dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran. Efektivitas pembelajaran merupakan suatu standar mutu pendidikan yang diukur dengan tercapainya tujuan pendidikan yang dilihat dari hasil belajar siswa. Di MTsN 4 Pidie, pembelajaran pada masa pandemi dilaksanakan secara luring pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Sistem pembelajarannya yaitu dengan pembagian shift. Hal tersebut mempengaruhi efektivitas pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran fikih yang di dalamnya terdapat materi yang bersifat praktik. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana tingkat efektivitas pembelajaran selama pandemi covid-19? 2. Bagaimana hasil belajar siswa pada masa pandemi covid-19?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif dengan metode kualitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 293 orang dan 2 orang guru mata pelajaran fikih. Sampel yang diambil hanya 10 % dari populasi yaitu berjumlah 29 siswa. Untuk mendapatkan data yang akurat diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran fikih masa pandemi covid-19 berjalan dengan efektif dilihat dari perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran, hal tersebut didukung pula dengan data yang diperoleh dari persentase angket dengan nilai rata-rata 84% , nilai tersebut masuk dalam kategori sangat efektif. Hasil belajar siswa kelas VIII di MTsN 4 Pidie termasuk dalam kategori sangat baik dan baik dilihat dari nilai siswa yang mencapai di atas KKM yang telah ditetapkan. Hasil tersebut didukung oleh dokumentasi nilai siswa semester genap tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Assya\ Syahnaz
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:49
Last Modified: 21 Jun 2022 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21420

Actions (login required)

View Item
View Item