Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PAI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Marlisa, 170201159 (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PAI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembelajaran Daring] Text (Pembelajaran Daring)
Marlisa, 170201159, FTK, PAI, 082160136668.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran daring merupakan sebuah interaksi antara pendidik dan peserta didik yang dibangun dalam jaringan internet, dimana pendidik dan peserta didik tidak bertatap muka secara langsung. Berdasarkan observasi sementara yang peneliti laksanakan di UIN ArRaniry Banda Aceh khususnya terhadap mahasiswa PAI maka peneliti menemukan jawaban bahwa masih terdapat mahasiswa cenderung kesulitan dalam melakukan pembelajaran daring, kemudian mahasiswa juga mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diberikan berupa file, bahkan sebagian mahasiswa hanya mengisi absen kemudian meninggalkan materi pembelajaran dan kembali lagi ketika sesi diskusi dimulai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran daring, pelaksanaan pembelajaran daring, penilaian pembelajaran daring, dan bagaimana hubungan pembelajaran daring terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Jumlah populasi 181 mahasiswa angkatan 2018 dengan menggunakan rumus slovin sehingga jumlah responden hanya 48 mahasiswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan mengolah data menggunakan SPSS (Statistical Package For The Social Science) versi 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar mahasiswa PAI angkatan 2018 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN-Ar-Raniry Banda Aceh memiliki tiga cara dalam menentukan hasil belajar mahasiswa PAI yaitu perencanaan pembelajaran daring adalah menyiapkan segala alat serta persiapan sebelum pembelajaran dimulai seperti alat tulis, kuota internet, baterai handphone dan situasi yang aman, selanjutnya pelaksanaaan pembelajaran daring adalah bisa dilakukan dimana saja dan dapat menggunakan beberapa aplikasi serta dosen juga menggunakan beberapa metode yang diterapkan dalam pembelajaran daring dan kemudian penilaian mahasiswa terhadap pembelajaran daring adalah memiliki dua sudut pandang yang berbeda, ada yang mengatakan efektif ada juga juga yang mengatakan kurang efektif. Dari hasil analisis angket mengenai pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar mahasiswa PAI (Pendidikan Agama Islam) angkatan 2018 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN ArRaniry Banda Aceh termasuk kategori cukup baik dengan persentase nilai 62%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ramadani Lisyanti Santi
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:01
Last Modified: 21 Jun 2022 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21425

Actions (login required)

View Item
View Item