Keanekaragaman Jamur Makroskopis di Kawasan Hutan Mane, Desa Mane, Kabupaten Pidie

Ina Shafira, 160703074 (2021) Keanekaragaman Jamur Makroskopis di Kawasan Hutan Mane, Desa Mane, Kabupaten Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keanekaragaman Jamur Makroskopis di Kawasan Hutan Mane, Desa Mane, Kabupaten Pidie] Text (Keanekaragaman Jamur Makroskopis di Kawasan Hutan Mane, Desa Mane, Kabupaten Pidie)
Ina Shafira, 160703074, FST, BIO, 082145717851.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Jamur makroskopis diartikan sebagai jamur yang memiliki ukuran yang relatif besar (makroskopik), dapat diamati langsung (secara kasat mata), dapat dipegang, dan pada umumnya memiliki warna yang mencolok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jelajah (survei eksploratif) dan menggunakan line transect dan data dianalisis menggunakan rumus Shanonn Winner. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat 26 jenis spesies dari 14 family dengan total 222 individu di seluruh titik penelitian di Kawasan Hutan Mane Desa Mane Kabupaten Pidie, dengan family terbanyak adalah Marasmiaceae dengan total 65 individu dari 5 spesies dan family yang paling sedikit adalah Lyophyllaceae dengan total 3 individu dari 1 spesies. Jenis jamur yang ditemukan yaitu Lignosus rhinocerus, Trametes versicolor, Trametes vespacea, tramates sanguinea, Sanguinoderma rugosum, Polyporus grammocephalus, Volvariella volvacea, Lactarius rubidus, Hypsizygus ulmarius, Mutinus elegans, Marasmius candidus, Laccaria laccata, Cookeina sinensis, Cookeina speciosa, Marasmius rotula, Tetrapyrgos nigripes, Marasmius oreades, Tylopilus formosus, Thelephora terrestris, Rickenella vibula, Hexagonia tenuis, Guepinia helvelloides, Exidia crenata, Auricularia auricula, Hirchioporus abietinus dan Marasmius androsaceus. Indeks keanekaragaman jamur makroskopis di Kawasan Hutan Mane Desa Mane Kabupaten Pidie tergolong sangat tinggi (3,79).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Habitat jamur, keanekaragaman jamur makroskopis, jamur makroskopis, hutan mane, indeks keanekaragaman.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Ina Shafira
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:14
Last Modified: 21 Jun 2022 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21427

Actions (login required)

View Item
View Item