Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik SMP/MTs melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)

Dwi Rizka Febryani, 170205041 (2021) Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik SMP/MTs melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Literasi Matematis] Text (Literasi Matematis)
Dwi Rizka Febryani, 170205041, FTK, PMA, 082386324125.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Berdasarkan hasil PISA 2018 bidang matematika (OECD 2019), Indonesia berada pada posisi 74 dengan skor rata-rata 379 dari 79 negara yang berpartisipasi dalam survei tersebut. OECD berpendapat bahwa rendahnya peringkat dan skor rata-rata Indonesia pada PISA 2018 disebabkan oleh kurangnya kemampuan literasi matematis peserta didik, sehingga diperlukan suatu alternatif yang dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik, yaitu pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik SMP/MTs setelah diterapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan (2) mengetahui perbandingan antara peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik pada kelas yang dibelajarkan dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan kelas yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian true experiment dan desain pretest-postest control group. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji N-Gain dan Uji T Sampel Independen (uji pihak kanan). Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik MTsN 1 Banda Aceh, sedangkan sampel penelitian adalah Kelas IX-4 sebagai kelas eksperimen dan Kelas IX-5 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan (1) secara keseluruhan, rata-rata peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik pada kelas eksperimen dalam kategori “Sedang” dan pendekatan PMRI cukup efektif untuk meningkatan kemampuan literasi matematis dan (2) Hasil uji t menunjukkan t_hitung=0.55<t_tabel=1.671, sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik pada kelas eksperimen tidak berbeda secara signifikan dengan peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dwi Rizka Febryani Dwi
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:07
Last Modified: 22 Jun 2022 02:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21433

Actions (login required)

View Item
View Item