Rancang Bangun Alat Penyaring Polutan CO dan CO2 Pada Emisi Kendaraan Bermotor Dengan Pemanfaatan Arang Aktif Daun Trembesi (Samanea saman)

Al Hafidh Rahman, 160702027 (2021) Rancang Bangun Alat Penyaring Polutan CO dan CO2 Pada Emisi Kendaraan Bermotor Dengan Pemanfaatan Arang Aktif Daun Trembesi (Samanea saman). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Rancang Bangun Alat Penyaring Polutan CO dan CO2 Pada Emisi Kendaraan Bermotor Dengan Pemanfaatan Arang Aktif Daun Trembesi (Samanea saman)] Text (Rancang Bangun Alat Penyaring Polutan CO dan CO2 Pada Emisi Kendaraan Bermotor Dengan Pemanfaatan Arang Aktif Daun Trembesi (Samanea saman))
Al Hafidh Rahman, 160702027, FST, TL, 082370545220.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Keberadaan udara di permukaan bumi menjadi salah satu faktor penting keberlangsungan makhluk hidup di dalamnya. Kualitas udara ambien Indonesia mengalami penurunan dan masuk ke dalam kategori tidak baik bagi kelompok sensitif. Penyebab pencemaran udara terbesar berasal dari kendaraan bermotor, yaitu 85% berasal dari hasil pembakaran pada mesin kendaraan bermotor. Tanaman trembesi merupakan tanaman yang paling efektif dalam menyerap polutan karbon di udara. Arang aktif merupakan karbon yang memiliki daya serap lebih baik terhadap kation, anion dan molekul senyawa organik maupun anorganik. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan alat saring polutan udara CO dan CO2 dari arang aktif daun trembesi. Penelitian dilakukan dengan membuat alat saring polutan dengan 3 jenis adsorben yang berbeda, yaitu adsorben bubur kertas, adsorben ekstrak daun trembesi dan adsorben arang aktif daun trembesi. Pengumpulan data penelitian menggunakan 2 jenis kendaraan dengan tahun keluaran dan mesin yang berbeda. Pengukuran konsentrasi kadar polutan menggunakan instrumen Gas Analyzer tester dengan tipe Korean Iyasaka AET-4000Q. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adsorben terbaik adalah arang aktif daun trembesi dengan daya serap CO 100% dan CO2 36,29% dengan menggunakan mobil toyota agya tahun 2018 dengan tipe mesin Dual VVT-I teknologi eco indicator, untuk mobil starlet SE 1.3 tahun 1988 dengan mesin tipe karburator berhasil diserap CO sebesar 9,65% dan CO2 sebesar 7,2%.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Mulyadi Abdul Wahid, M.sc Hadi Kurniawan. M.Si
Uncontrolled Keywords: Arang Aktif, Daun Trembesi (Samanea saman), Karbon Monoksida (CO), Karbon Dioksida (CO2).
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Al Hafidh Rahman Hafidh
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:06
Last Modified: 22 Jun 2022 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21441

Actions (login required)

View Item
View Item