Pengaruh Strategi Pembelajaran Poster Session Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Seulimeum (Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok)

Anda Putri Utami, 150205024 (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran Poster Session Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Seulimeum (Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Strategi Pembelajaran Poster Session Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Seulimeum (Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok)] Text (Pengaruh Strategi Pembelajaran Poster Session Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Seulimeum (Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok))
Anda Putri Utami, 150205024, FTK, PMA, 082277705817.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Keaktifan belajar sangat penting dimiliki siswa, siswa yang aktif akan membuat hasil belajar lebih baik. Siswa mengalami masalah keaktifan dan hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang sebagian besar masih belum mencapai nilai KKM. Salah satu cara yang dapat digunakan dengan strategi poster session. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi poster session pada siswa SMPN 1 Seulimeum. Langkah-langkah strategi poster session adalah guru menjelaskan topik kepada siswa, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok disesuaikan dengan jumlah siswa di kelas, setiap kelompok diminta untuk mendiskusikan topik dan selanjutnya dituangkan dalam bentuk gambar, setiap kelompok melakukan diskusi dan membuat gambar dengan ilustrasi secukupnya, wakil masing-masing kelompok diminta memperesentasikan hasil gambarnya di depan kelas dan meminta kelompok lain untuk menanggapinya guru memberikan penjelasan atau klarifikasi secukupnya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah keaktifan dan hasil belajar matematika siswa lebih baik diajarkan dengan strategi poster session dari pada diterapkan dengan pembelajaran langsung. Rancangan penelitian yang digunakan penelitian Quasi Eksperimen design (Pre-test dan Post-test control group design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Seulimeum. Sampel siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIID sebagai kelas kontrol, pengumpulan data dengan tes tulis dan lembar observasi, pengambilan sampel secara acak atau cluster sampling. Hasil penelitian menggunakan statistik uji-t t_hitung > t_tabel yaitu 2,08 > 1,68 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H_1 diterima sehingga ditolak H_0, maka hasil belajar siswa yang diterapkan dengan strategi poster session lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung. Namun demikian rata-rata nilai post-test siswa kelas eksperimen mencapai KKM yaitu 70,04.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Poster Session,Keaktifan, Hasil Belajar Matematika
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Anda Putri Utami
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:38
Last Modified: 23 Jun 2022 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21443

Actions (login required)

View Item
View Item