Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MIS Al-istiqamah

Cut Funna Sari, 170209051 (2021) Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MIS Al-istiqamah. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan   Model   Pembelajaran   Student   Facilitator   and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MIS Al-istiqamah] Text (Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MIS Al-istiqamah)
Cut Funna Sari, 170209051, FTK, PGMI, 085360606843 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pada pembelajaran matematika sering ditemukan kendala-kendala dalam proses pembelajaranya dimana banyak siswa yang tidak suka dan tidak tertarik untuk belajar, karena menganggap pelajaran matematika sulit untuk dipahami sehingga mengakibatkan siswa tidak aktif saat belajar dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Kesulitan dalam memahami pelajaran terjadi berkaitan dengan proses pembelajaran yang kurang menarik sehingga membuat siswa merasa bosan dan enggan mendengarkan penjelasan guru. Hal ini dikarenakan guru tidak menggunakan model pembelajaran yang dapat membuat siswa tertarik untuk belajar. Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining menjadi salah satu solusi untuk dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V MIS Al-Istiqamah Aceh Besar. (2) untuk mengetahui bagaimanakah penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIS Al-Istiqamah Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V MIS Al-Istiqamah Aceh Besar yang berjumlah 15 orang siswa dengan KKM Individual 72 dan klasikal 80%. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes, kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 73,33%, meningkat pada siklus II yaitu 83,33%, dan juga meningkata pada siklus III yaitu 96,66%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I yaitu
71,87, meningkat pada siklus II yaitu 82,81%, dan juga meningkat pada siklus III 95,31%. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 53,33%, meningkat pada siklus II yaitu 80%, dan juga meningkat pada siklus III yaitu 100%. Dengan demikian pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa sangat baik diterapkan di MIS Al-Istiqamah Aceh Besar karena dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran student facilitator and explaining, dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Cut Funna Sari
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:57
Last Modified: 22 Jun 2022 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21450

Actions (login required)

View Item
View Item