Respon Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) dengan Perlakuan Air Ac dan Air PDAM Secara Hidroponik Menggunakan Teknik Deep Flow Technique (DFT)

Nabilla Munawarah, 170703049 (2022) Respon Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) dengan Perlakuan Air Ac dan Air PDAM Secara Hidroponik Menggunakan Teknik Deep Flow Technique (DFT). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Respon Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) dengan Perlakuan Air Ac dan Air PDAM Secara Hidroponik Menggunakan Teknik Deep Flow Technique (DFT)] Text (Respon Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) dengan Perlakuan Air Ac dan Air PDAM Secara Hidroponik Menggunakan Teknik Deep Flow Technique (DFT))
Nabilla Munawarah, 170703049, FST, BIO, 082273424527.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Metode budidaya tanaman yang tidak membutuhkan lahan yang besar dan memanfaatkan air sebagai media tanamnya, dapat dilakukan dengan menggunakan teknik budidaya secara hidroponik. Deep Flow Technique (DFT) menjadi teknik penanaman yang digunakan pada penelitian ini dengan mensirkulasrikan larutan nutrisi dan media tanam secara terus menerus selama 24 jam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa L.) dan mengetahui bagaimana perbedaan hasil pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa L.) dengan perlakuan Air AC dan Air PDAM menggunakan teknik Deep Flow Technique (DFT). Penelitian ini dilakukan pada tanggal 16 September – 1 November 2021 di Kebun Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negri Ar-raniry. Analisis data dilakukan menggunakan Uji Idependent Sampel T-Test dengan 2 perlakuan media tanam, perlakuan 1 media menggunakan air AC dan perlakuan 2 menggunakan air PDAM. Berdasarkan hasil Uji Idependent sampel T-Test dari parameter tinggi tanaman, lebar daun, panjang daun, jumlah daun, berat basah, dan panjang akar memiliki hasil tidak dapat perbedaan nyata atau tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pemberian media tanam air AC dan air PDAM dan memiliki nilai Pvalue > 0,5. Sedangkan pada parameter tekstur akar memiliki bentuk akar tunggang dengan serabut yang banyak, berwarna coklat dan berukuran panjang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hidroponik Teknik Deep Flow Technique (DFT), Air AC, Air PDAM, Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 575 Bagian Spesifik dan sistem Fisiologi Pada Tumbuhan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Nabilla Munawarah
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:15
Last Modified: 23 Jun 2022 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21459

Actions (login required)

View Item
View Item