Miskomunikasi Masyarakat Gayo Lues dengan Etnis Padang di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues

Asiansyah, 140401064 (2022) Miskomunikasi Masyarakat Gayo Lues dengan Etnis Padang di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Miskomunikasi Masyarakat Gayo Lues dengan Etnis Padang] Text (Miskomunikasi Masyarakat Gayo Lues dengan Etnis Padang)
Asiansyah, 140401064, FDK, KPI, 082160653879.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Miskomunikasi Masyarakat Gayo Lues dengan Etnis Padang di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues.” Penelitian ini mengkaji tentang penyebab terjadinya Miskomunikasi antara Masyarakat Gayo Lues dengan Etnis Padang, karena sepuluh tahun terakhir sampai dengan sekarang ini, masyarakat Padang terus berkembang dan menguasai sektor perdagangan di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues, Etnis padang yang datang ke daerah Gayo Lues sudah pasti memiliki latarbelakang budaya dan bahasa yang berbeda dengan etnis Gayo Lues, interaksi antara masyarakat Gayo Lues dengan masyarakat Padang sering terjadi miskomunikasi, dikarenakan kurang efektifnya bahasa yang digunakan oleh kedua belah pihak. Seringnya terjadi miskomunikasi antar masyarakat Gayo Lues dan masyarakat Padang membuat hubungan diantara keduanya tidak harmonis. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui penyebab terjadinya Miskomunikasi Masyarakat Gayo Lues dengan Etnis Padang di Kecamatan Blang Kejeren Kabupaten Gayo Luas. Untuk mengetahui dampak yang terjadi akibat adanya Miskomunikasi Masyarakat Gayo Lues dengan Etnis Padang di Kecamatan Blang Kejeren Kabupaten Gayo Luas. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (fiel research). Penelitian ini memperoleh data secara langsung dari responden dan informan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara yang disusun sesuai dengan tujuan penelitian. Penelitian ini menggunakan (penelitian analisis deskritif). Adapun yang menjadi objek penelitian ini yaitu Masyarakat Gayo Lues dengan Etnis Padang. Hasil penelitian mengenai Miskomunikasi masyarakat Gayo Lues dengan Etnis Padang, yaitu: Miskomunikasi yang terjadi antara masyarakat Gayo Lues dengan Etnis Padang disebabkan oleh beberapa faktor, di antara faktor penyebab miskomunikasi Masyarakat Padang dengan Masyarakat Gayo di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues yaitu dari segi penggunaaan bahasa yang berbeda hal ini disebabkan antara Masyarakat Padang dengan Masyarakat Gayo memiliki bahasa daerah yang berbeda, latar belakang budaya dan adat istiadat yang berbeda. dari segi bahasa, masyarakat Gayo di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues sering menggunakan bahasa daerah, sehingga komunikasi yang berjalan sering mengalami hambatan dan muncul kesalahpaman antara kedua belah pihak. Dampak Miskomunikasi Masyarakat Padang dengan Masyarakat Gayo di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues menimbulkan terjadinya keributan sehingga memicu perselisihan yang besar pada kedua belah pihak, baik masyarakat Gayo dan masyarakat Padang pada akhirnya sering berburuk sangka satu sama lainnya sehingga sering terjadi kesalah pahaman dan mengakibatkan hubungan sosial di antara keduanya tidak berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Asiansyah Ian
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:17
Last Modified: 23 Jun 2022 02:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21467

Actions (login required)

View Item
View Item