Evaluasi Kualitas Air Baku Dan Air Produksi Pada Ipa Lelabu Pdam Tirta Tawar Kota Takengon

Simahara Yani, 160702068 (2022) Evaluasi Kualitas Air Baku Dan Air Produksi Pada Ipa Lelabu Pdam Tirta Tawar Kota Takengon. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Evaluasi Kualitas Air Baku Dan Air Produksi Pada Ipa Lelabu Pdam Tirta Tawar Kota Takengon] Text (Evaluasi Kualitas Air Baku Dan Air Produksi Pada Ipa Lelabu Pdam Tirta Tawar Kota Takengon)
Simaha Yani, 160702068, FST, TL, 082236415855.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

IPA Lelabu PDAM Kota Takengon mengalami permasalahan ketika waktu hujan yang dikarenakan terjadinya longsor sehingga menimbulkan kekeruhan pada sumber air baku maupun air produksi. Penelitian ini bertujuan agar menyesuaikan kualitas air baku dan air produksi terhadap Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2021 dan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492 Tahun2010 sehingga dapat memberikan solusi dan rekomendasi terhadap IPA Lelabu. Metode yang akan dilakukan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif yaitu dengan pengambilan sampel air lapangan, pengumpulan data yang diperlukan dari pihak PDAM serta wawancara yang dilakukan untuk mengetahui kondisi eksisting pada sistem pengolahan air IPA Lelabu. Dari hasil pengujian secara fisik, kimia dan biologi maka didapatkan hasil dari parameter biologi melebihi baku mutu yang berlaku seperti pada air pengolahan yang mana hasil dari pengujian Escherichia colidan Total Coliformsebesar 3 per 100 ml, sedangkan dalam peraturan kualitas air minum parameter tersebut seharusnya 0 karena jika mikrobiologi terdapat suatu bandan air dan tertelan oleh manusia akan menimbulkan efek bagi kesehatan. Hasil dari evaluasi ada beberapa yang harus diterapkan oleh pihak PDAM Lelabu seperti pengoptimalan, penyediaan alat untuk pengujian kualitas air seperti pH dan Turbidimeter serta perlu ada pengujian kualitas air baku dan air minum minimal satu bulan sekali untuk menentukan dosis desinfektan agar proses produksi air bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Simaha Yani
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:47
Last Modified: 23 Jun 2022 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21470

Actions (login required)

View Item
View Item