Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Melalui Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II MIN 12 Aceh Timur

Nur Adila, 170209109 (2021) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Melalui Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II MIN 12 Aceh Timur. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Melalui Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II MIN 12 Aceh Timur] Text (Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Melalui Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II MIN 12 Aceh Timur)
Nur Adila, 170209109, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas IIa MIN 12 Aceh Timur didapatkan bahwa kemampuan membaca siswa masih rendah. Dalam upaya peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa yang lebih baik maka peneliti ingin menerapkan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran membaca dengan penerapan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) di kelas IIa MIN12 Aceh Timur, dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa setelah penerapan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik).Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas guru selama proses pembelajaran melalui penggunaan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) pada siklus I dengan skor 68,75% sedangkan pada siklus II meningkat dengan skor 91,25%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan skor 66,25% sedangkan pada siklus II meningkat dengan skor 90%. Hasil tes membaca pada siklus I yaitu 44,44% meningkat menjadi 81,48% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Adila Dila
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:47
Last Modified: 23 Jun 2022 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21473

Actions (login required)

View Item
View Item