Penggunaan Alat Peraga Tulang Napier untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Perkalian kelas IV MIN 3 Aceh Besar

Liza Hariska, 160209061 (2021) Penggunaan Alat Peraga Tulang Napier untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Perkalian kelas IV MIN 3 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Alat Peraga Tulang Napier untuk Meningkatkan   Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Perkalian kelas IV MIN 3 Aceh Besar] Text (Penggunaan Alat Peraga Tulang Napier untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Perkalian kelas IV MIN 3 Aceh Besar)
Liza Hariska, 160209061, FTK, PGMI, 082273435627.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Alat peraga merupakan alat bantu/alat yang digunakan untuk mempermudah penyampaian suatu informasi. Dalam dunia pendidikan, alat peraga dapat diartikan sebagai alat bantu yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efesien. Perkalian termasuk topik yang sulit untuk dipahami sebagian siswa. Ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang duduk di tingkatan Sekolah Dasar bahkan sampai SMP belum menguasai topik perkalian ini, dengan demikian banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari topik matematika yang lebih tinggi. Oleh karena itu, salah satu cara agar siswa lebih mudah memahami tentang materi perkalian tersebut yaitu dengan cara menggunakan alat peraga atau media pembelajaran. Perkalian termasuk topik yang sulit untuk dipahami sebagian siswa. Ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang duduk di tingkatan Sekolah Dasar bahkan sampai SMP belum menguasai topik perkalian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunakan alat peraga Tulang Napier dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi perkalian di kelas IV MIN 3 Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain Pre-test dan Post-test Control Group Design yaitu penelitian yang dilaksanakan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil pemahaman konsep yang dianalis dengan rumus uji-t yaitu Ha terima dan H0 di tolak maka diperoleh hasil thitung = 8,89 dan ttabel = 1,99, maka thitung > ttabel yaitu 8,89 > 1,99. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga tulang napier pada materi perkalian dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa di MIN 3 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Liza Hariska
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:12
Last Modified: 24 Jun 2022 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21481

Actions (login required)

View Item
View Item