Motif Perilaku Bibliokriminal oleh Pemusta di UPT. Perpustakaan UIN Ar- Raniry Banda Aceh

Aulia Rizki, 160503019 (2021) Motif Perilaku Bibliokriminal oleh Pemusta di UPT. Perpustakaan UIN Ar- Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Motif Perilaku Bibliokriminal oleh Pemusta di UPT. Perpustakaan UIN Ar- Raniry Banda Aceh] Text (Motif Perilaku Bibliokriminal oleh Pemusta di UPT. Perpustakaan UIN Ar- Raniry Banda Aceh)
Aulia Rizki, 160503019, FAH, IP, 082320205171.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Motif Perilaku Bibliokriminal Oleh Pemustaka di UPT Perpustakaan UIN AR-RANIRY BANDA ACEH”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis bibliokriminal yang dilakukan pemustaka dan untuk mengetahui motif pemustaka melakukan bibliokriminal di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk metode analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang menjelaskan data-data dari hasil penelitian. Dari hasil penelitian di ketahui bahwa jenis bibliokriminal yang dilakukan pemustaka di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry yang paling banyak dilakukan adalah menandai bacaan yang dibaca dengan alat tulis dan menambahkan tulisan pada buku yang dipinjam, hal ini disebabkan para pemustaka melakukan hal tersebut agar mudah menemukan bacaanya apabila dibacanya lagi dan menentukan intisari dari yang dibacanya atau menaidai bacaan yang dibacanya. Sedangkan tidak pernah atau paling sedikit dilakukan adalah menulis nama pada buku yang dipinjam, hal ini dapat dipahami karena penulisan nama akan menunjukkan indentitas pelaku bibliokriminal. Motif pemustaka melakukan bibliokriminal di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry memberikan gambaran bahwa motif bibliokriminal dilakukan secara sengaja dan keinginan sendiri. Hal ini tentu perlu dilakukan pencegahan dengan memberikan informasi tentang dampak buruk dari bibliokriminal dan memberikan pengaman yang lebih baik di pustaka untuk mencegah terjadinya bibliokriminal. Diharapkan UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry memberikan sanksi yang lebih tegas terhadap pelaku bibliokriminal agar tidak ada kejadian yang sama dimasa yang akan datang seperti mencoret atau merusak buku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Aulia Rizki
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:11
Last Modified: 23 Jun 2022 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21483

Actions (login required)

View Item
View Item