Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Di Kawasan Cru Sampoiniet Aceh Jaya Sebagai Referensi Pembelajaran Kingdom Plantae Di SMAN 2 Sampoiniet Aceh Jaya

Riska Amelia, 170207072 (2021) Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Di Kawasan Cru Sampoiniet Aceh Jaya Sebagai Referensi Pembelajaran Kingdom Plantae Di SMAN 2 Sampoiniet Aceh Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Di Kawasan Cru Sampoiniet Aceh Jaya Sebagai Referensi Pembelajaran Kingdom Plantae Di SMAN 2 Sampoiniet Aceh Jaya] Text (Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Di Kawasan Cru Sampoiniet Aceh Jaya Sebagai Referensi Pembelajaran Kingdom Plantae Di SMAN 2 Sampoiniet Aceh Jaya)
Riska Amelia, 170207072, FTK, PBL, 082269950578.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Sekolah SMAN 2 Sampoiniet memiliki kendala minimnya referensi mengenai materi Lumut (Bryophyta). Kawasan CRU Sampoiniet merupakan kawasan yang memiliki berbagai jenis lumut dan terletak di sekitar sekolah yang dapat dimanfaatkan langsung oleh siswa sebagai referensi pembelajaran. Namun pada saat ini belum diketahui data tentang identifikasi tumbuhan lumut di kawasan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan lumut (Bryophyta), karakteristik dan kelayakan output yang dihasilkan dari jenis-jenis tumbuhan lumut (Bryophyta) yang terdapat di kawasan CRU Sampoiniet Aceh Jaya sebagai referensi di Sekolah SMAN 2 Sampoiniet. Metode penelitian ini menggunakan kombinasi metode survey eksploratif dan line transeck berukuran 100x20 m dengan jumlah 3 transeck, yang terdiri dari 5 titik berukuran 10x10 m pada satu titik. Hasil penelitian diperoleh 22 jenis lumut yang tergolong kedalam 15 famili dengan persentase kehadiran tertinggi adalah jenis Rhytidiadelphus triquertrus sebesar 13,7%. Karakteristik tumbuhan lumut (Bryophyta) yang ditemukan di stasiun penelitian dari segi substrat yaitu kayu lapuk diperoleh 5 jenis, bebatuan diperoleh 15 jenis dan perpohonan diperoleh 2 jenis. Karakteristik warna daun terdiri dari warna hijau muda ditemukan sebayak 12 jenis, hijau tua sebanyak 6 jenis dan hijau kekuningan sebanyak 3 jenis. Bentuk spora terdiri dari bulat dan oval juga diamati pada jenis lumut yaitu berbetuk oval sebanyak 12 jenis dan bentuk bulat sebanyak 9 jenis. Uji kelayakan booklet diperoleh 78,69% dengan kriteria layak direkomendasikan sebagai salah satu referensi di sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini jenis lumut dari seluruh stasiun didapatkan 22 jenis tumbuhan lumut tergolong dalam 15 famili. Karakteristik lumut secara morfologi dibedakan berdasarkan substrat, warna daun, bentuk sporangium. Hasil uji kelayakan diperoleh hasil yaitu 78,69% dengan kriteria layak sehingga dapat digunakan sebagai salah satu referensi di SMAN 2 Sampoiniet.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Riska Amelia Riska
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:13
Last Modified: 29 Jun 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21486

Actions (login required)

View Item
View Item