Strategi Pembiasaan Ibadah Melalui Șalat Ḑuha dan Ẓuhur Berjamaah di SD Islam Laboratorium Neuheun Aceh Besar

Husni Marzan, 29173524 (2021) Strategi Pembiasaan Ibadah Melalui Șalat Ḑuha dan Ẓuhur Berjamaah di SD Islam Laboratorium Neuheun Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Pembiasaan Ibadah Melalui  Șalat Ḑuha dan Ẓuhur Berjamaah di SD Islam Laboratorium Neuheun Aceh Besar] Text (Strategi Pembiasaan Ibadah Melalui Șalat Ḑuha dan Ẓuhur Berjamaah di SD Islam Laboratorium Neuheun Aceh Besar)
Husni Marzan, 29173524, PS, PAI, 085277300071.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pembiasaan ibadah sejak kecil merupakan upaya menumbuhkan karakter spiritual agar siswa selalu dekat dengan Allah swt dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, salah satu manfaat melaksanakan ibadah șalat adalah terbentuknya akhak terpuji. Pembiasaan șalat di Sekolah Dasar Islam Laboratorium sudah berjalan, namun dalam pelaksanaannya masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan șalat ḍuha dan ẓuhur berjamaah di Ssekolah Dasar Islam Laboratorium Neuheun Aceh Besar, mengetehui strategi guru dalam membiasakan șalat, mengetahui faktor pendukung dan hambatan dan solusi dalam pembiasaan șalat, serta mengetahui pengaruh dan output șalat ḍuha dan ẓuhur berjamaah terhadap siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan di Sekolah Dasar Islam Laboratorium Neuheun Aceh Besar melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Sumber data penelitian ini kepala sekolah, tiga orang guru, dan sembilang orang siswa orang siswa. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara terkait strategi pembiasaan șalat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan șalat di Sekolah Islam Laboratorium sudah dilakukan sejak sekolah berdiri, namun pembiasaan șalat menjadi program sekolah setelah berlakunya kurikulum K-13. Adapun strategi pembiasaan șalat yang dilakukan oleh guru adalah melalui sosialisasi program șalat kepada orang tua, memberikan motivasi, memberikan keteladanan, memberikan hukuman dan hadiah serta melakukan evaluasi. Faktor pendukung pembiasaan șalat adalah orang tua, guru dan fasilitas, sementara yang menjadi hambatan adalah kurangnya pengawasan guru dan fasilitas yang kurang memadai. Selain itu, pembiasaan șalat berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa melakukan șalat lima waktu di rumah serta siswa yang rutin melaksanakan șalat terbentuk akhlak terpuji. Adapun output kebiasaan șalat bagi siswa sangat tergantung dengan sekolah lanjutan yang di pilih siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sri Suyanta., M. Ag., Prof. Dr. T. Zulfikar, M.Ed
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembiasaan, Ibadah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Husni Marzan
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:16
Last Modified: 23 Jun 2022 04:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21497

Actions (login required)

View Item
View Item