Metode Pendidikan Hari Akhir Menurut Ustadz Adi Hidayat

Rizka Aulia, 170201081 (2021) Metode Pendidikan Hari Akhir Menurut Ustadz Adi Hidayat. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Metode Pendidikan Hari Akhir Menurut Ustadz Adi   Hidayat] Text (Metode Pendidikan Hari Akhir Menurut Ustadz Adi Hidayat)
Rizka Aulia, 170201081, FTK, PAI, 082365126018.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan petunjuk bagi umat manusia, Al-Qur’an menempati posisi sentral dalam pendidikan Islam. Hari akhir merupakan istilah yang dipakai oleh al-Qur’an untuk menunjuk kepada waktu kehidupan yang panjang sesudah kehidupan ini hancur lebur dan berakhir, termasuk di dalamnya semua proses dan peristiwa yang terjadi pada hari itu. Banyak sekali konsep metode pendidikan yang telah diterapkan dalam membimbing ataupun mengajari jama’ah diantaranya metode ceramah, kisah, dll. Pada kenyataannya masih banyak jamaah yang kurang pemahamamnya terkait hari akhir. Sehingga perlu adanya pengonsepan tentang metode pendidikan hari akhir dengan berlandaskan Al-Qur’an yang memudahkan jama’ah untuk lebih memahami hari akhir. Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu untuk mengetahui metode pendidikan hari akhir dalam ceramah Ustadz Adi Hidayat. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, digunakan metode penelitian studi kepustakaan (library research) dengan cara mencari, mengumpulkan, melihat, dan menganalisis sumber-sumber yang sesuai dengan judul penelitian. Adapun jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Dari data yang penulis himpun, maka sumber penelitian ini berupa beberapa video youtube ceramah Ustadz Adi Hidayat menjelaskan mengenai hari akhir. Dari analisis yang peneliti lakukan, maka peneliti menguraikan setidaknya ada 4 metode pendidikan dalam islam untuk memahami hari akhir berdasarkan ceramah youtube yang digunakan oleh Ustadz Adi Hidayat yaitu: 1) metode keteladanan. 2) metode tanya jawab, 3) metode ceramah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizka Aulia
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:01
Last Modified: 24 Jun 2022 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21528

Actions (login required)

View Item
View Item