Peran Orang Tua Dalam Memberikan Bimbingan Belajar Kepada Anak Melalui Teknologi Informasi Pada Masa Covid-19 (Studi Pada Orang tua Siswa Sekolah Dasar Negeri 5 Simeulue Timur Kelas 5 dan 6)

Shinta Melandika, 170401097 (2022) Peran Orang Tua Dalam Memberikan Bimbingan Belajar Kepada Anak Melalui Teknologi Informasi Pada Masa Covid-19 (Studi Pada Orang tua Siswa Sekolah Dasar Negeri 5 Simeulue Timur Kelas 5 dan 6). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Orang Tua Dalam Memberikan Bimbingan Belajar Kepada Anak Melalui Teknologi  Informasi Pada Masa Covid-19 (Studi Pada Orang tua Siswa Sekolah Dasar Negeri 5 Simeulue Timur Kelas 5 dan 6)] Text (Peran Orang Tua Dalam Memberikan Bimbingan Belajar Kepada Anak Melalui Teknologi Informasi Pada Masa Covid-19 (Studi Pada Orang tua Siswa Sekolah Dasar Negeri 5 Simeulue Timur Kelas 5 dan 6))
Skripsi Shinta Melandika, 170401097, FDK, KPI, 082167645813.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Selama masa Covid-19 pemerintah membuat kebijakan sekolah dengan belajar di rumah secara jarak jauh atau dalam jaringan. Dalam hal ini, anak perlu bimbingan orang tua saat belajar menggunakan teknologi informasi, orang tua memiki peran utama dalam membimbing atau mengawasi mereka belajar. Kajian ini mencoba membahas tentang Peran Orang Tua Dalam Memberikan Bimbingan Belajar kepada Anak Melalui Teknologi Informasi Pada Masa Covid-19 (Studi pada Orang tua siswa Sekolah Dasar Negeri 5 Simeulue Timur kelas 5 dan 6). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran orang tua seperti membantu, mengawasi dan membimbing anak kelas 5 dan 6 yang bersekolah di SDN 5 Simeulue Timur dan juga untuk mengetahui kendala yang dihadapi orang tua selama membimbing. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah melalui wawancara orang tua dan guru SDN 5 Simeulue Timur yang berjumlah 10 orang tua kelas 5, 10 orang tua kelas 6, dan 2 orang guru, juga dilakukan melalui dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam memberikan bimbingan kepada anak melalui teknologi informasi masih kurang maksimal karena ada orang tua yang mampu dan tidak mampu dalam menggunakan teknologi informasi. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh orang tua terdiri dari kendala dari aspek internal dan eksternal. Aspek internal terdiri dari pengetahuan, kecerdasan dan emosi, sedangkan aspek eksternal terdiri dari keadaan, manusia, sosial ekonomi, pekerjaan, dan pengalaman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Shinta Melandika
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:48
Last Modified: 24 Jun 2022 03:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21530

Actions (login required)

View Item
View Item