Pembinaan Karakter Santri di Madrasah Ulumul Qur’an Pagar Air

Syukriah, 191003036 (2022) Pembinaan Karakter Santri di Madrasah Ulumul Qur’an Pagar Air. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembinaan Karakter Santri di Madrasah Ulumul Qur’an Pagar Air] Text (Pembinaan Karakter Santri di Madrasah Ulumul Qur’an Pagar Air)
Syukriah, 191003036, PS, PAI, 085270237083.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pembinaan karakter menjadi hal penting dalam dunia pendidikan akhir-akhir ini, hal ini berkaitan dengan fenomena merosotnya moral yang terjadi ditengah-tengah masyarakat, terutama di kalangan remaja yang telah banyak terjadi dekadensi moral dan berkarakter yang kurang bagus. Pada kajian ini penulis lebih memfokuskan pada pembinaan karakter santri di MUQ Pagar Air. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, untuk mendapatkan data yang akurat dan terpercaya, hal ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter yang dibina bagi santri di MUQ Pagar Air yaitu religius, religius, jujur, disiplin, kreatif, cinta tanah air, sabar, mandiri, semangat, toleransi, kerja keras, menghargai, komunikasi, peduli sosial, tanggung jawab, peduli lingkungan, gemar membaca, cinta damai, dan rasa ingin tahu. Strategi dalam pembinaan karakter santri di MUQ Pagar Air yaitu adanya kelas tahfidz, tausiah, pengajian kitab kuning tentang adab dan juga penerapan peraturan-peraturan. Kemudian keteladanan dari guru dan pembiasaan juga merupakan bagian dari pada strategi pembinaan karakter santri di MUQ Pagar Air. Dengan demikian jika dilihat Cerminan karakter santri yang sedang menghafal al-Qur’an yaitu dapat dikatakan bahwa para santri rata-rata mencerminkan orang yang menghafal al-Qur’an, kemudian sikap/karakter santri terlihat ketika santri membantu sesama temannya di dayah dan berbagi satu dengan lainnya. Selanjutnya kedisiplinan santri di dayah dapat dilihat pada saat tepat waktu pada masuk kelas, membuang sampah pada tempatnya dan shalat berjamaah dengan tepat waktu. Kemudian bertanggung jawab dalam melakukan tugas dan juga memiliki takzim yang bagus terhadap gurunya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syukriah Syukriah
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:13
Last Modified: 27 Jun 2022 04:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21532

Actions (login required)

View Item
View Item