Pengaruh Punishment Terhadap Prilaku Agresif Siswa Dalam Pengembangan Pribadi Di SMP Negeri 4 Banda Aceh

Saraini Damayanti, 140213041 (2021) Pengaruh Punishment Terhadap Prilaku Agresif Siswa Dalam Pengembangan Pribadi Di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Punishment Terhadap Prilaku Agresif Siswa] Text (Pengaruh Punishment Terhadap Prilaku Agresif Siswa)
Saraini Damayanti, 140213041, FTK, BK, 081264472157.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pengembangan pribadi adalah salah satu bidang pengembangan yang sangat penting bagi diri siswa. Perilaku yang muncul pada diri siswa itu mempunyai corak masing-masing,
yaitu perilaku postif dan perilaku negatif. Jika pribadi siswa tidak berkembang dengan baik maka siswa akan sulit mengontrol perilaku dalam kehidupan sehari-harinya. Berbagai caradilakukan oleh guru bimbingan dan konseling untuk membantu siswa mengurangi perilaku negatifnya yaitu agresif dengan menerapkan hukuman (punishment).Akan tetapi masih saja banyak perilaku agresif tersebut terulang kembali di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Pertanyaan peniliti dalam skripsi ini adalah apakah ada pengaruh Punishment terhadap perilaku agresif siswa di SMP Negeri 4 Banda Aceh?Punishment (hukuman) menurut Gershoff E.T hukuman adalah istilah yang digunakan untuk membentuk kondisi prilaku mengacu pada setiap perubahan terjadi setelah perilaku, perilaku yang mengurangi kemungkinan bahwa perilaku yang akan terjadi lagi dimasa depan. Sementara penguatan positif dan negatif digunakan untuk meningkatkan perilaku, hukuman yang difokuskan pada mengurangi atau menghilangkan perilaku yang tidak diinginkan.Menurut Zillman menjelaskan teorinya tentang agresi dengan menekankan pada hubungan antar individu dengan lingkungan alam sekitarnya. Ada hubungantimbal balik antara kedunya, apabila lingkungan mendukung keberadaannya, maka perilaku agresif dapat diredam atau dikendalikan. Apabila alam sekelilingnya tidak memberikan dukungan terhadap keberadaannya maka disinilah muncul kecendrungan berperilaku agresif Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif. Data yang dikumpulkan melalui tehnik observasi dan angket ,kemudian data yang sudah didapatkan dianalisis dengan menggunakan statistik, spss, korelasi product moment. Hasil penelitianditemukan bahwa terdapat pengaruh positif antara pemberian Punishment terhadap perilaku agresif siswa dalam pengembangan pribadi Siswa di SMP Negeri 4 Banda Aceh.Gurubimbingan dan konseling langsung memberikan hukuman atau punishment terhadap siswa yang berperilaku agresif, dengan cara menerapkan hukuman yang mendidik.Guru bimbingan dan konseling sudah berperan aktif dalam memberikan punishment atau hukuman dan sanksi-sanksi kepada siswa yang berperilaku agresif dalam pengembangan pribadi di SMP Negeri 4 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1.Miftahul Jannah, S. Ag, M. Si 2.Wanty Khaira, M. Ed
Uncontrolled Keywords: Punishment, Perilku Agresif Siswa, pengembangan pribadi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Depositing User: Saraini Damayanti Sara
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:38
Last Modified: 27 Jun 2022 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21540

Actions (login required)

View Item
View Item