Strategi Pembinaan Akhlak Santri Dayah Ihsanul Fata, Kecamatan Silih Nara, Kabupaten Aceh Tengah.

Mutia Amalia, 170201098 (2021) Strategi Pembinaan Akhlak Santri Dayah Ihsanul Fata, Kecamatan Silih Nara, Kabupaten Aceh Tengah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembinaan Akhlak Santri] Text (Pembinaan Akhlak Santri)
Mutia Amalia, 170201098, FTK, PAI, 085270124104.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pembinaan akhlak melalui berbagai lembaga pendidikan baik lembaga formal, informal dan nonformal dengan berbagai macam cara harus terus dilakukan dan dikembangkan. Akhlak harus dibina sejak dini untuk membentuk kepribadian seseorang yang berlandaskan ajaran agama islam. Dayah Ihsanul Fata merupakan lembaga pendidikan keagamaan yang mampu membentuk akhlak santri dengan mengajarkan nilai-nilai dan norma yang sesuai dengan ajaran islam. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi yang dilakukan dalam membina akhlak santri di dayah Ihsanul Fata Kecamatan Silih Nara, Kabupaten Aceh Tengah? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak santri di dayah Ihsanul Fata Kecamatan Silih Nara, Kabupaten Aceh Tengah? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data-data deskriptif berupa kata-kata, lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang digunakan dalam membina akhlak santri adalah dengan menggunakan beberapa macam strategi, diantaranya yaitu strategi keteladanan, latihan dan pembiasaan, pemberian nasehat, kedisiplinan, dan strategi pujian dan sanksi. Selain itu juga melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti adanya ceramah di setiap jum’at dan kegiatan tahunan seperti memperingati hari besar islam yang diselingi dengan perlombaan-perlombaan. (2) Faktor pendukung dalam pembinaan akhlak santri yaitu adanya kerjasama yang baik antar pengajar, adanya dorongan dari orang tua, dan adanya kemauan belajar dari santri. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu terbentur dengan kegiatan santri di luar lingkungan dayah sehingga menyebabkan santri jenuh ketika belajar karena padatnya kegiatan, dan adanya pengaruh lingkungan dari luar dayah sehingga membuat santri lalai dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutia Amalia Amel
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:36
Last Modified: 27 Jun 2022 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21541

Actions (login required)

View Item
View Item