Kelayakan Media Phet Simulation Menggunakan PPT Pada Materi Gelombang Tali

Yanti Asmara, 160204088 (2021) Kelayakan Media Phet Simulation Menggunakan PPT Pada Materi Gelombang Tali. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kelayakan Media Phet Simulation Menggunakan PPT Pada Materi Gelombang Tali] Text (Kelayakan Media Phet Simulation Menggunakan PPT Pada Materi Gelombang Tali)
Yanti Asmara, 160204088, FTK, PFS, 085362240531.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan media laboratorium virtual berbasis simulasi PhET pada materi gelombang di MAN 4 Aceh Besar didorong oleh minimnya proses pembelajaran menggunakan media laboratorium virtual berbasis simulasi PhET di sekolah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media laboratorium virtual berbasis simulasi PhET yang dikembangkan dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan media laboratorium virtual berbasis simulasi PhET pada materi gelombang. Peneliti menggunakan desain penelitian dan pengembangan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan penelitian dan pengembangannya yaitu analisis (analyis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan tabel validasi dan angket. Analisis data validasi dan tanggapan peserta didik yang dijadikan sebagai acuan persentase. Hasil validasi media laboratorium virtual berbasis simulasi PhET adalah 96,7% dengan kriteria sangat layak. Hasil tanggapan peserta didik diperoleh persentase 49,3% dengan kriteria sangat setuju (SS), 44% kriteria setuju (S), dan 6,67% kurang setuju (KS). Hasil persentase rata-rata tanggapan peserta didik adalah 85,66% termasuk dalam kriteria sangat tertarik. Berdasarkan hasil penelitian tersebur, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media laboratorium virtual berbasis simulasi PhET pada materi gelombang layak digunakan di MAN 4 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Yanti Asmara
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:52
Last Modified: 27 Jun 2022 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21553

Actions (login required)

View Item
View Item