Efektivitas Teknik Relaksasi Untuk Mereduksi Kecemasan Menghadapi Ujian Siswa di SMA Negeri 2 Kuala Nagan Raya

Septiani Zubaida, 170213021 (2021) Efektivitas Teknik Relaksasi Untuk Mereduksi Kecemasan Menghadapi Ujian Siswa di SMA Negeri 2 Kuala Nagan Raya. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Teknik Relaksasi Untuk Mereduksi Kecemasan Menghadapi Ujian Siswa di SMA Negeri 2 Kuala Nagan Raya] Text (Efektivitas Teknik Relaksasi Untuk Mereduksi Kecemasan Menghadapi Ujian Siswa di SMA Negeri 2 Kuala Nagan Raya)
Septiani Zubaida, 170213021, FTK, BK, 082273217773.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kecemasan ujian atau Kecemasan menghadapi ujian merupakan reaksi emosional atau rasa takut yang dialami beberapa siswa ketika ujian. Rasa takut ini sebenarnya wajar, hanya saja ketakutan yang berlebihan justru akan mengganggu kemampuan siswa dalam mengerjakan ujian. Seperti yang terjadi di SMA Negeri 2 Kuala Nagan Raya terdapat siswa yang memiliki kecemasan menghadapi ujian tinggi sehingga berdampak pada performa siswa dalam menghadapi ujian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik relaksasi untuk mereduksi kecemasan menghadapi ujian siswa SMA Negeri 2 Kuala Nagan Raya. Jenis penelitian kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian 10 siswa, dari 40 populasi kelas X MIA 1 dan X MIA 2, pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan teknik relaksasi memiliki signifikansi terhadap kecemasan menghadapi ujian siswa, ditandai pada perubahan skor rata-rata pretest 61,0 menjadi 25,7 pada posttest. Artinya terdapat penurunan kecemasan menghadapi ujian setelah diberikan teknik relaksasi diperoleh dari hasil uji hipotesis yaitu perolehan ttabel < thitung = 1,83 < 34,89. Dari perbandingan diputuskan bahwa Ho ditolak, Ha diterima. Berdasarkan hasil keputusan disimpulkan teknik relaksasi efektif untuk mereduksi kecemasan dalam menghadapi ujian siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Septiani Zubaida
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:07
Last Modified: 27 Jun 2022 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21555

Actions (login required)

View Item
View Item