Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan Media Papan Bimbingan Terhadap Pemahaman Karir Siswa di SMA Negeri 1 Peukan Bada

Tari Erlisa, 170213020 (2021) Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan Media Papan Bimbingan Terhadap Pemahaman Karir Siswa di SMA Negeri 1 Peukan Bada. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan Media Papan    Bimbingan Terhadap Pemahaman Karir Siswa di SMA Negeri 1 Peukan Bada] Text (Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan Media Papan Bimbingan Terhadap Pemahaman Karir Siswa di SMA Negeri 1 Peukan Bada)
Tari Erlisa, 170213020, FTK, BK, 082216311766.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pemahaman karir adalah derajat penguasaan siswa tentang dunia karir ditandai dengan pengenalan mendalam mengenai berbagai informasi karir, artinya tingkat pemahaman karir siswa ditunjukkan oleh tingkat penguasaannya terhadap berbagai informasi karir. Namun di SMA Negeri 1 Peukan Bada terdapat siswa yang memiliki pemahaman karir dan keinginan mencari informasi karir yang rendah sehingga berdampak pada masa depan karir siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemahaman karir siswa SMA Negeri 1 Peukan Bada melalui layanan informasi menggunakan media papan bimbingan. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian berjumlah 52 siswa, sampel penelitian 20 siswa, pemilihan teknik menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert dengan penyebaran angket kepada siswa kelas X-MIA 2 dan X-IPS 2 SMA Negeri 1 Peukan Bada. Hasil penelitian menunjukkan layanan informasi menggunakan media papan bimbingan memiliki signifikansi terhadap pemahaman karir, ditandai pada perubahan skor rata-rata pretest 47,48 menjadi 71,88 pada posttest. Artinya terdapat pemahaman karir siswa setelah diberikan layanan informasi menggunakan media papan bimbingan diperoleh dari hasil uji hipotesis yaitu perolehan ttabel< thitung = 1,729 < 13,208. Dari perbandingan diputuskan bahwa Ho tidak dapat diterima, Ha tidak dapat ditolak. Berdasarkan hasil keputusan disimpulkan layanan informasi menggunakan media papan bimbingan berpengaruh terhadap pemahaman karir siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Tari Erlisa
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:07
Last Modified: 27 Jun 2022 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21556

Actions (login required)

View Item
View Item