Analisi Faktor Kelayakan Jaminan Pembiayaan Musyarakah Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Ulee Kareng Kota Banda Aceh

Afra Basmah, 160603123 (2021) Analisi Faktor Kelayakan Jaminan Pembiayaan Musyarakah Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembiayaan Musyarakah] Text (Pembiayaan Musyarakah)
Afra Basmah, 160603123, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Bank Syariah Indonesia cabang Ulee Kareng kota Banda Aceh menyediakan pembiayaan Musyarakah yang Terdapat barang jaminan didalamnya, penelitian bertujuan untuk mengetahui proses mekanisme pembiayaan Musyarakah, kedudukan suatu jaminan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kelayakan jaminan dalam pembiayaan Musyarakah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menjelaskan proses mekanisme pembiayaan Musyarakah yaitu tahap pengajuan permohonan, verifikasi dokumen, analisa, penandatanganan akad dan pengikatan, pencairan dan tahap terakhir ialah monitoring. Dalam praktek kedudukan jaminan telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan fatwa DSN karena bank menetapkan prinsip kehati-hatian yang diharuskan oleh pihak manajemen dalam pembiayaan. Faktor yang mempengaruhi kelayakan sebuah jaminan dalam pembiayaan Musyarakah, yaitu faktor hukum, faktor nilai ekonomis dan Faktor jenis dan bentuk barang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Afra Basmah Afra
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:13
Last Modified: 27 Jun 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21558

Actions (login required)

View Item
View Item