Hubungan Resiliensi dengan Pendekatan Behavioristik Menurut Hadist Rasulullah

Uyun Masrura, 17040202007 (2022) Hubungan Resiliensi dengan Pendekatan Behavioristik Menurut Hadist Rasulullah. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Resiliensi dengan Pendekatan Behavioristik Menurut Hadist Rasulullah] Text (Hubungan Resiliensi dengan Pendekatan Behavioristik Menurut Hadist Rasulullah)
Uyun Masrura, 170402007, FDK, BKI, 0851265765954.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dibuat untuk mengetahui pentingnya pendektan behavioristik untuk merubah prilaku individu kearah yang lebih baik dalam menumbuhkan sikap resiliensi. Maka ketika ia terjatuh dalam keterpurukan, ia memiliki pegangan untuk bangkit kembali dengan menahan diri dari perbuatan tercela dan pahala di sisi Allah, sehingga peneliti tertarik dalam melakukan penelitian yang berjudul Hubungan Resiliensi dengan Pendekatan Behavioristik Menurut Hadits Rasulullah saw. Adapun jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini ialah kepustakaan (library research), yaitu dengan cara mengumpulkan yang dipustaka, membaca, mencatat, serta mengolah bahan yang berkenan dengan penelitian ini. Penulis juga menggunakan metode content analisys atau analisis isi, yaitu analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi, teknik konten yang merupakan teknik penelitian untuk membuat inferensi-inferensi yang dapat ditiru dari shahih data dan konteknya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Semakin banyak reinforsment (perkuatan) yang diperoleh, maka semakin mudah dalam menumbuhkan sikap resiliensi. (2) Hubungan resiliensi dengan pendekatan behavioristic ditulis dalam kontek sabar. (3) Sabar dijadikan sebagai pahala atau hadiah untuk individu dalam menumbuhkan sikap resiliensi bagi dirinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.23 Materi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Uyun Masrura
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:10
Last Modified: 27 Jun 2022 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21561

Actions (login required)

View Item
View Item