Kajian Tembikar Di Kawasan Ujong Pancu (Studi Kasus di Gampong Lam Teungoh dan Gampong Lam Guron)

Nurjannah, 170501084 (2021) Kajian Tembikar Di Kawasan Ujong Pancu (Studi Kasus di Gampong Lam Teungoh dan Gampong Lam Guron). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kajian Tembikar Di Kawasan Ujong Pancu (Studi Kasus di Gampong Lam Teungoh dan Gampong Lam Guron)] Text (Kajian Tembikar Di Kawasan Ujong Pancu (Studi Kasus di Gampong Lam Teungoh dan Gampong Lam Guron))
Nurjannah, 170501084, FAH, SKI, 085361518403.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kajian Tembikar di Kawasan Ujong Pancu (Studi Kasus di Gampong Lam Teungoh dan Gampong Lam Guron)” Kawasan ini merupakan lokasi yang menyimpan sejarah penting wilayah Aceh pada masa lampau. Penemuan sebaran tembikar dalam jumlah yang signifikan dengan bentuk dan ukiran yang beragam menjadi daya tarik untuk di teliti. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi yang jelas tentang titik sebaran tembikar, jenis-jenis tembikar serta hubungan tembikar dengan sejarah kawasan Ujong Pancu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripstif analisis. Teknik pengumpulan data meliputi survei perpustakaan, penjajagan, survei permukaan, dan wawancara. Setelah semua data terkumpul selanjutnya data tersebut dianalisis melalui beberapa cara yaitu: analisis morfologi untuk mengetahui jenis dan bentuk tembikar, analisis ragam hias untuk mengetahui motif pada tembikar, analisis teknologi untuk mengetahui cara pembuatan tembikar, analisis perbandingan untuk mengetahui usia tembikar dan analisis kontekstual untuk mengetahui hubungan tembikar dengan sejarah kawasan yang di teliti. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat 16 titik sebaran tembikar di Gampong Lam Teungoh dan Gampong Lam Guron yang tersebar secara acak. Hasil klasifikasi menunjukan bahwa jenis-jenis tembikar yang berhasil diidentifikasi adalah belanga, catur, tempayan, tutup belanga dan lentera. Keberadaan tembikar tersebut menunjukan bahwa kawasan ini merupakan bekas pemukiman kuno yang berasal dari abad 14 hingga abad ke 19 M. Karakteristik tembikar ditemukan dilokasi kajian rata-rata berkualitas tinggi memberikan gambaran tentang kemajuan teknologi yang berkembang dalam masyarakat Aceh pada masa lampau.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.7 Kesenian dan Kebudayaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Nurjannah Nurjannah
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:12
Last Modified: 27 Jun 2022 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21562

Actions (login required)

View Item
View Item