Analisis Proses Pembelajaran Bahasa Arab dengan Internet di SD IT Cendekia Tungkop Darussalam

Rizka Muliani Putri, 150202123 (2021) Analisis Proses Pembelajaran Bahasa Arab dengan Internet di SD IT Cendekia Tungkop Darussalam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembelajaran Bahasa Arab dengan Internet] Text (Pembelajaran Bahasa Arab dengan Internet)
Rizka Muliani Putri, 150202123, FTK, PBA, 085831254197.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Mata pelajaran Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran penting yang harus tetap dipelajari di sekolah SD IT Cendekia Tungkop Darussalam meskipun kondisi belajar saat ini tidak stabil dikarenakan wabah virus covid 19. Dari hasil observasi awal peneliti mengangkat judul skripsi ini berdasarkan masalah yang dihadapi guru dan siswa pada saat proses belajar mengajar menggunakan internet. Bahwasanya banyak kendala yang dialami guru dan siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab masalah dan kendala- kendala yang dialami oleh guru dan siswa ketika melakukan proses belajar mengajar dengan menggunakan internet kemudian mengidentifikasi upaya guru untuk mengatasi kesulitan tersebut. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif dan analisis, artinya peneliti menyajikan data yang diperoleh dan kemudian menganalisisnya dengan teori dan observasi. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun populasi penelitian adalah siswa kelas 1 sampai kelas 6 di SD IT Cendekia Tungkop Darussalam yang Jumlahnya 278 siswa. Dan sampel yang diambil oleh peneliti berjumlah 4 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu penyebab masalah adalah tidak adanya persiapan guru untuk menghadapi proses belajar mengajar secara online, hal ini disebabkan karena belum pernah terjadi sebelumnya, sehingga hal ini mejadikan kendala bagi guru ketika mengaplikasikan media internet untuk melakukan proses belajar mengajar. Kemudian terbatasnya fasilitas bagi siswa dikarenakan mereka belum mempunyai fasilitas pribadi seperti handphone dan komputer, serta tidak efektifnya waktu untuk melaksanakan belajar secara online karena fasilitas yang digunakan siswa untuk belajar adalah milik orang tuanya, dan beberapa orang tua dari mereka bekerja di luar rumah sehingga tidak ada waktu untuk mendampingi anak belajar
secara online.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rizka Muliani Putri Ika
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:45
Last Modified: 29 Jun 2022 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21567

Actions (login required)

View Item
View Item