Efektivitas Science, Technology, Engineering And Mathematics – Project Base Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik di MAN 1 Aceh Tenggara

Diani, 170204042 (2022) Efektivitas Science, Technology, Engineering And Mathematics – Project Base Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik di MAN 1 Aceh Tenggara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektivitas Science, Technology, Engineering And Mathematics – Project Base Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik di MAN 1 Aceh Tenggara] Text (Efektivitas Science, Technology, Engineering And Mathematics – Project Base Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik di MAN 1 Aceh Tenggara)
Diani, 170204042, FTK, PFS, 08224901583.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa Indonesia khususnya pada mata pelajaran fisika masih dianggap kurang ataupun belum berkembang secara baik. Dengan penerapan STEM-PjBL dapat mendorong siswa belajar secara lebih aktif dan lebih bermakna, sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap konsep secara utuh dan maksimal. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian penerapan pendekatan STEM melalui model PjBL yang akan diimplementasikan di MAN 1 Aceh Tenggara dengan judul “Penerapan STEM–PjBL (Science, Technology, Engineering and Mathematics–Project Base Learning) pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik di MAN 1 Aceh Tenggara”. Rumusan masalah penelitian ini untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunkan penerapan STEM-PjBL. Jenis ipenelitian iyang idigunakan ipada ipenelitian iini imerupakan ipenelitian iDeskriptif iKuantitatif sedangkan Instrumen yang digunakan yaitu soal test berupa pretest dan posttest. Hasil Penelitian ini terbukti dengan perhitungan menggunakan Uji T dengan hasil yang diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001, dengan menggunakan tingkat kesalahan 5% maka keputusan yang dapat diambil adalah Tolak H0.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Diani Rusli
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:46
Last Modified: 29 Jun 2022 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21579

Actions (login required)

View Item
View Item