Pola Pembinaan Administrasi Urusan Keuangan (Bendahara) Gampong Di Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya

Eka Safriana, 170403052 (2022) Pola Pembinaan Administrasi Urusan Keuangan (Bendahara) Gampong Di Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pola Pembinaan Administrasi Urusan Keuangan (Bendahara) Gampong Di Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya] Text (Pola Pembinaan Administrasi Urusan Keuangan (Bendahara) Gampong Di Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya)
Eka Safriana, 170403052, FDK, MD, 081377017206.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Dana desa adalah dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara yang diperuntukan bagi desa yang ditransfer melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten/Kota. Menurut Qanun Nomor 1 tahun 2019 dana desa diperuntukan untuk membiayai belanja pemerintah gampong di bidang penyelenggaraan pemerintah gampong, pelaksanan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat dan kebutuhan tak terduga. Penelitan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pembinaan administrasi keuangan (bendahara) dalam pembanguna, apa saja yang menjadi prioritas penggunaan dana desa di Gampong Sapek Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbasis studi dilapangan. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara sesuai dengan amanat permendes PDTT Nomor 16 tahun 2018, hal ini dapat dibuktikan dengan program-program pembangunan yang telah terelasiasi sesuai dengan rencana pembangunan yang telah ditetapkan pemerintah gampong melalui musyawarah dusun, musyawarah gampong dan musrembang. Adapun sistematika pelayanan administrasi kependudukan masyarakat harus menjumpai Keuchik atau dirumah sekretaris desa dan kemudian meminta tanda tangan keuchik sekaligus sempel desa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemerintah desa telah berupaya menjalankan perannya dengan baik yaitu melayani masyarakat dengan membantu mengurus keperluan Administrasi kependudukan. Pemerintah desa telah semaksimal mungkin meningkatkan kualitas pelayanan administrasi dengan menyediakan sarana dan prasarana publik. Pemerintah desa juga memberikan informasi dan mengarahkan masyarakat untuk memenuhi syarat-syarat pengurusan administrasi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Dana desa, keuangan, administrasi
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Eka Safiana
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:48
Last Modified: 29 Jun 2022 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21583

Actions (login required)

View Item
View Item