Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendekatan Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman Berbasis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTs

Diwi Yana, 150205072 (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendekatan Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman Berbasis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendekatan Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman Berbasis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTs] Text (Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendekatan Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman Berbasis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTs)
Diwi Yana, 150205072, FTK, PMA, 082272933643.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Pembentukkan karakter atau akhlak yang baik adalah tujuan utama dalam pendidikan sebagaimana peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter. Pembelajaran matematika perlu adanya pengintegrasian terhadap nilai keislaman, khususnya pada madrasah-madrasah di Aceh. Salah satucara agar dapat mengintegrasikan nilai keislaman yaitu melalui pengembangan perangkat pembelajaran. Kemampuan penalaran adalah salah satu tuntuntan NCTM untuk melatih peserta didik dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan kontekstual merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan kontekstual yang berintegrasi nilai keislaman berbasis kemampuan penalaran matematis siswa MTs pada materi Aritmatika Sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria kevalidan. Penelitian ini valid dan praktis pada RPP, LKPD, Materi Ajar, dan LE. Selain itu kepraktisan juga di lihat dari hasil respon guru terhadap perangkat pembelajaran di peroleh 4,7 dengan kriteria sangat baik sehingga di katakan praktis. Jadi, dapat di simpulkan bahwa perangkat pembelajaran di nilai sudah valid dan praktis dalam mengintegrasikan nilai karakter.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Diwi Yana
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:54
Last Modified: 29 Jun 2022 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21591

Actions (login required)

View Item
View Item