Penerapan Metode “Rotating Trio Exchange” untuk meningkatkan kemampuan siswa pada Nahwu di MTsN 3 Aceh Selatan

Musviratun Nur, 180202003 (2022) Penerapan Metode “Rotating Trio Exchange” untuk meningkatkan kemampuan siswa pada Nahwu di MTsN 3 Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode “Rotating Trio Exchange” untuk meningkatkan kemampuan siswa pada Nahwu di  MTsN 3 Aceh Selatan] Text (Penerapan Metode “Rotating Trio Exchange” untuk meningkatkan kemampuan siswa pada Nahwu di MTsN 3 Aceh Selatan)
Musviratun Nur, 180202003, FTK, PBA, 082362015755.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Berdasarkan Observasi yang pertama peneliti menemukan di kelas 2 satu di sekolah MTsN 3 Aceh Selatan bahwasanya siswa menghadapi permasalahan dalam pembelajaran Bahasa arab, terutama pada jumlah Ismiyah. Dengan permasalahan ini peneliti menggunakan metode Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan kemampuan siswa pada jumlah Ismiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran jumlah Ismiyah terhadap penerapan metode Rotating Trio Exchange dalam pembelajaran jumlah ismiyah untuk mengetahui efektifitas penerapan metode Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran jumlah ismiyah di Sekolah ini. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis one grup pre-test post-test design. Adapun alat dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Rotating Trio Exchange sangat baik, terbukti dari hasil pengamatan langsung (observasi) terhadap kegiatan guru sebesar 96% dan kegiatan siswa 98% keduanya berkisar Antara 81-100% dengan katagori sangat baik. Metode ini sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa pada Nahwu, dengan hasil (“t” test) lebih besar dari pada (“t”table) 2,77 < 3,19 > 2,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Musviratun Nur
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:59
Last Modified: 29 Jun 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21598

Actions (login required)

View Item
View Item