Efektivitas Pinjaman Dana Bergulir Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM)(PNPM) Mandiri Pada Masyarakat Miskin (Studi Kasus Gampong Lambhuk, Kecamatan Ulee Kareng)

Usmyati Putri, 170604055 (2021) Efektivitas Pinjaman Dana Bergulir Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM)(PNPM) Mandiri Pada Masyarakat Miskin (Studi Kasus Gampong Lambhuk, Kecamatan Ulee Kareng). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Dana Bergulir Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat] Text (Dana Bergulir Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat)
Usmyati Putri, 170604055, FEBI, IE, 082288157539.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

PNPM Mandiri adalah program pemberdayaan masyarakat untuk menanggulangin kemiskinan yang ditujukan kepada masyarakat miskin, akan tetapi adanya kasus penerima PNPM tidak tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pinjaman dana bergulir PNPM Mandiri dan untuk mengetahui sejauh mana PNPM Mandiri ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gampong Lambhuk. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan metode snowball sampling dan data diperoleh dari data primer dan skunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pinjaman dana bergulir Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri pada masyarakat miskin di Gampong Lambhuk secara keseluruhan sudah berjalan efektif. Dari pengujian menggunakan teknik presentase ditemukan bahwa nilai setiap sub-variabel efektivitas pinjaman dana bergulir berada diatas angka 80% yaitu pencapaian tujuan sebesar 85%, integrasi sebesar 88,3% dan untuk adaptasi dari hasil konfirmasi kepada pengurus dan masyarakat, sudah dapat dikatakan efektif. Dimana nilai dalam rentang 79.99% - 100% berada dalam katagori sangat efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Usmyati Putri Mia
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:08
Last Modified: 29 Jun 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21602

Actions (login required)

View Item
View Item