Metode Komunikasi Kader Posyandu Untuk Lansia Di Gampong Geuceu Komplek

Hera Tiara Sari Rizky, 170401101 (2022) Metode Komunikasi Kader Posyandu Untuk Lansia Di Gampong Geuceu Komplek. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Metode Komunikasi Kader Posyandu Untuk Lansia Di Gampong Geuceu Komplek] Text (Metode Komunikasi Kader Posyandu Untuk Lansia Di Gampong Geuceu Komplek)
Hera Tiara Sari Rizky, 170401101, FDK, KPI, 0853-1494-8411.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Metode Komunikasi Kader Posyandu Untuk Lansia Di Gampong Geuceu Komplek”. Program posyandu lansia ini merupakan wujud kepedulian dari pemerintah dalam menangani masalah kesehatan lansia. Akan Tetapi masih kurangnya kesadaran pada diri lansia akan pentingnya kesehatan sehingga dibutuhkan identifikasi serta penelitian lebih lanjut terkait bagimana metode komunikasi kader posyandu untuk lansia yang ada di Gampong Geuceu Komplek. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana metode komunikasi persuasif kader posyandu dalam memberi layanan kesehatan terhadap lansia di Gampong Geuceu Komplek serta untuk mengetahui hambatan apa saja yang dihadapi kader posyandu dalam memberi layanan kesehatan di Gampong Geuceu Komplek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kader menerapkan metode komunikasi dengan menggunakan komunikasi persuasif dengan teknik Ganjaran dan teknik Integrasi. Dan untuk hambatan yang dihadapi kader yaitu kurangnya kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam pelaksanaan program posyandu lansia di karnakan masyarakat masih berfikir bahwa orang yang datang ke program lansia itu hanyalah orang-orang yang sakit saja dan kondisi fisik lansia yang sudah mengalami penurunan, baik penurunan pendengaran maupun kemampuan berbicara. Sehingga menyulitkan kader untuk berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Komunikasi, Komunikasi Persuasif, Kader, Posyandu Lansia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Hera Tiara Sari Rizky
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:11
Last Modified: 29 Jun 2022 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21605

Actions (login required)

View Item
View Item