Penggunaan Media Jam Sudut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pengukuran Sudut Kelas III MIN 2 Aceh Jaya

Novita Dewi, 170209080 (2021) Penggunaan Media Jam Sudut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pengukuran Sudut Kelas III MIN 2 Aceh Jaya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Media Jam Sudut] Text (Media Jam Sudut)
Novita Dewi, 170209080, FTK, PGMI. 081260115338.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

Dalam pembelajaran matematika khususnya materi pengukuran sudut banyak peserta didik yang tidak tertarik dan cenderung cepat bosan dan tidak termotivasi saat belajar sehingga peserta didik tidak mendengarkan apa yang guru sampaikan. Karena menganggap pelajaran matematika sulit untuk dipahami mengakibatkan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Kesulitan memahami pembelajaran dikarenakan cara penyampaian materi masih kurang tepat serta guru tidak menyiapkan media semenarik mungkin yang dapat membuat peserta didik termotivasi untuk belajar. Salah satu media pembelajaran yang inovatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah media jam sudut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media jam sudut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pengukuran sudut kelas III MIN 2 Aceh Jaya dan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media jam sudut yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pengukuran sudut kelas III MIN 2 Aceh Jaya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aktivitas dan hasil pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama tiga siklus sudah menunjukkan adanya peningkatan. Hasil penelitian menununjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 68,42% dan meningkat pada siklus II yaitu 83,82% dan juga meningkat pada siklus III yaitu 95,58%. (2) Aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh skor 70% meningkat pada siklus II yaitu 78,57% dan juga meningkat pada siklus III yaitu 92,85%. (3). Hasil belajar pada siklus I yaitu 62% dan meningkat pada siklus II yaitu 92% dan juga meningkat pada siklus ke III yaitu
100%. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan media jam sudut untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pengukuran sudut sangat baik untuk diterapkan di MIN 2 Aceh Jaya karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Novita Dewi Novi
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:11
Last Modified: 29 Jun 2022 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21609

Actions (login required)

View Item
View Item