Pengaruh Strategi Modelling Terhadap Kemampuan Berbicara Peserta Didik Kelas III MIN 17 Aceh Selatan

Atal Marwati, 160209085 (2021) Pengaruh Strategi Modelling Terhadap Kemampuan Berbicara Peserta Didik Kelas III MIN 17 Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Modelling] Text (Strategi Modelling)
Atal Marwati, 160209085, FTK, PGMI, 082370991462.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukaan di MIN 17 Aceh Selatan dengan judul Pengaruh Strategi Modelling Terhadap Kemampuan Berbicara Peserta Didik Kelas III Min 17 Aceh Selatan yang di latar belakangi oleh proses pembelajaran yang belum pernah menerapkan strategi modelling terhadap kemampuan berbicara sehingga peserta didik kesulitan dalam menyampaikan pendapat dan menjelaskan pembelajaran yang diminta oleh guru. Dan saat guru memberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat dan bertanya dalam pembelajaran peserta didik tidak memanfaatkan kesempatan itu dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menyelidiki apakah strategi modelling dapat mempengaruhi kemampuan berbicara peserta didik kelas III MIN 17 Aceh Selatan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pra-Eksprimen dengan menggunakan desain One grup pre test- post-test. Proses pengambilan sampel penelitian dilakukan secara probability sampling yaitu kelas III MIN 17 Aceh Selatan. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes lisan dengan memberi 5 pertanyaan yang mengenai topik pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata 58 dan kriteria distribusi frekuensinya yang diberikan secra lisan diperoleh bahawa kemampuan berbicara peserta didik pada tahap pretest dengan menggunakan instrument tes yang diberikan secara lisan dikatagorikan sangat rendah terdapat 8 peserta didik yaitu 40%, rendah terdapat 5 peserta didik yaitu 25%, sedang terdapat 2 peserta didik atau 10%, tinggi 1 peserta didik atau 5% dan sangat tinggi terdapat 0 atau %. Sedangkan hasil posttest dengan menggunakan strategi modelling yang menggunakan instrument tes lisan didapatkan yaitu katagorikan sangat tinggi terdapat 5 peserta didik dengan persentase 25%, katagori tinggi terdapat 9 peserta didik dengan persentase 45%, katagori sedang terdpat 1 peserta didik dengan persentase 5% , katagori rendah terdapat 1 peserta didik dengan persentase 5% dan katagori sangat rendah terdapat 0 dengan persentase 0.00%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Atal Marwati Atal
Date Deposited: 30 Jun 2022 02:19
Last Modified: 30 Jun 2022 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21615

Actions (login required)

View Item
View Item