Penerapan Metode Improve untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Singkil

Mery Ariska, 261222948 (2017) Penerapan Metode Improve untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Singkil. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Meningkatkan hasi matematika]
Preview
Text (Membahas tentang Meningkatkan hasi matematika)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang terlaksana di SMPN 1 Singkil masih berpusat pada guru. Ketika proses pembelajaran berlangsung, siswa hanya menerima informasi apa yang disampaikan oleh guru tanpa memahami dan mengetahui makna yang dipelajarinya. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran metode IMPROVE. Dengan pertanyaan penelitian (1) Apakah penerapan metode IMPROVE dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teorema Phytagoras kelas VIII SMPN 1 Singkil; (2) Apakah peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan penerapan metode IMPROVE lebih baik dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi teorema phytagoras kelas VIII SMPN 1 Singkil. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Singkil dalam penggunaan metode IMPROVE; (2) Mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode IMPROVE lebih baik dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi teorema phytagoras kelas VIII SMPN 1 Singkil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan control group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Singkil sebanyak empat kelas, sebagai sampel diambil dua kelas dengan cluster random sampling yaitu siswa kelas VIII1 dan siswa kelas VIII4. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diajarkan dengan metode IMPROVE sementara kelas kontrol diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Data yang dikumpulkan melalui tes. Berdasarkan hipotesis (1) Pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t, diperoleh thitung ˃ ttabel yaitu 1,8117 ˃ 1,72, dengan demikian H0 yang berbunyi “Penerapan metode IMPROVE dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teorema Phytagoras kelas VIII SMPN 1 Singkil” diterima. (2) Untuk hipotesis kedua diperoleh thitung ˃ ttabel yaitu 24,5454 ˃ 1,6820
maka ditolak, sehingga hipotesis yang berbunyi “Peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode IMPROVE lebih baik dibandingkan peningkatan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaan konvensional pada materi teorema pythagoras di kelas VIII SMPN 1 Singkil” diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan metode IMPROVE dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teorema Phytagoras kelas VIII SMPN 1 Singkil dan, (2) Peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode IMPROVE lebih baik dibandingkan peningkatan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaan konvensional pada materi teorema pythagoras di kelas VIII SMPN 1 Singkil. Dengan demikian metode IMPROVE efektif digunakan untuk materi dalil pythagoras di kelas VIII SMPN 1 Singkil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Zainal Abidin, M. Pd 2. Kamarullah, A.Ag., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Metode IMPROVE, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mery Ariska
Date Deposited: 09 Jan 2018 08:55
Last Modified: 09 Jan 2018 08:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2162

Actions (login required)

View Item
View Item