Pengaruh Teaching Factory Pada Bidang Keahlian Ketenagalistrikan Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMKN 2 Banda Aceh

Muzni Mulianda, 160211061 (2022) Pengaruh Teaching Factory Pada Bidang Keahlian Ketenagalistrikan Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMKN 2 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Teaching Factory Pada Bidang Keahlian Ketenagalistrikan Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMKN 2 Banda Aceh] Text (Pengaruh Teaching Factory Pada Bidang Keahlian Ketenagalistrikan Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMKN 2 Banda Aceh)
Muzni Mulianda, 160211061, FTK, PTE, 082213349964.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan dituntut untuk membentuk kualitas sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Maka dari itu, sekolah menengah kejuruan menerapkan pembelajaran teaching factory agar mampu membuat siswa belajar dalam keadaan suasana sesungguhnya dan menjembatani kesenjangan kompetensi antara kebutuhan industri dan pengetahuan sekolah. Salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran teaching factory yaitu SMKN 2 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Teaching Factory pada bidang Ketenagalistrikan terhadap hasil belajar siswa, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di SMKN 2 Banda Aceh. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 15 orang yang mengikuti pembelajaran teaching factory di SMKN 2 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode instrumen yang digunakan lembar kuisioner. Hasil penelitian di dapatkan bahwa pembelajaran teaching factory mempengaruhi hasil belajar siswa di SMKN 2 Banda Aceh dengan nilai regresi linear sebesar R= 0,859. Adapun respon peserta didik terhadap pembelajaran teaching factory sudah baik, hal ini dapat dibuktikan dengan persentase respon peserta didik sebanyak 67%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran teaching factory di SMKN 2 Banda Aceh sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Muzni Mulianda Lia
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:05
Last Modified: 30 Jun 2022 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21631

Actions (login required)

View Item
View Item