Profesionalisme Tenaga Kepustakaan Dalam Penguasaan Teknologi Informasi di SMAN 12 Banda Aceh

Yusnaini, 170206081 (2021) Profesionalisme Tenaga Kepustakaan Dalam Penguasaan Teknologi Informasi di SMAN 12 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Profesionalisme Tenaga Kepustakaan Dalam Penguasaan Teknologi Informasi di SMAN 12 Banda Aceh] Text (Profesionalisme Tenaga Kepustakaan Dalam Penguasaan Teknologi Informasi di SMAN 12 Banda Aceh)
Yusnaini, 170206081, FTK, MPI, 082278139729.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya tenaga kepustakaan yang profesional dibidangnya. Hanya ada satu tenaga kepustakaan yang memang berasal dari jurusan ilmu perpustakaan. Profesionalisme tenaga kepustakaan merupakan pelaksanaan kegiatan perpustakaan yang didasarkan pada kemampuan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dalam mengelola dan mengembangkan pelaksanaan pekerjaan dibidang kepustakawanan serta kegiatan terkait lainnya secara mandiri. Penelitian ini berjudul “Profesionalisme Tenaga Kepustakaan Dalam Penguasaan Teknologi Informasi di SMAN 12 Banda Aceh.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalisme tenaga kepustakaan dalam penguasaan teknologi informasi, hambatan yang dihadapi profesionalisme tenaga kepustakaan dalam penguasaan teknologi informasi, dan upaya profesionalisme tenaga kepustakaan dalam penguasaan teknologi informasi di SMAN 12 Banda Aceh. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala perpustakaan, tenaga kepustakaan dan 2 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data penelitian ini, menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalisme tenaga kepustakaan dalam penguasaan teknologi informasi di SMAN 12 Banda Aceh dapat dilihat dari ciri-ciri profesionalisme tenaga kepustakaan. Hambatan profesionalisme tenaga kepustakaan dalam penguasaann teknologi informasi di SMAN 12 banda Aceh yaitu ketika aplikasi komputer mulai eror dan jaringan wifi yang bermasalah. Kemudian upaya profesionalisme tenaga kepustakaan dalam penguasaan teknologi informasi di SMAN 12 Banda Aceh yaitu dengan melakukan kerja sama dalam menyelesaikan permasalahan terutama dalam menggunakan komputer.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.8 Perpustakaan Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yusnaini Yusnaini
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:06
Last Modified: 30 Jun 2022 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21644

Actions (login required)

View Item
View Item