Penerapan Khiyar Dalam Transaksi Jual Beli Pakaian (Studi di Pasar Tradisional Kota Fajar, Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan)

Fadzila, 170602105 (2021) Penerapan Khiyar Dalam Transaksi Jual Beli Pakaian (Studi di Pasar Tradisional Kota Fajar, Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Khiyar] Text (Khiyar)
Fadzila, 170602105, FEBI, ES, 081361984436.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Khiyar pada transaksi jual beli pakaian di pasar Kota Fajar belum sesuai dengan konsep khiyar dalam fiqh muamalah. Ada permasalahan praktik khiyar syarat dan khiyar aib yang masih perlu diperbaiki agar sesuai dengan konsep khiyar yang sesungguhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan khiyar di pasar tradisional Kota Fajar, apa saja kendala dalam menerapkan khiyar dan bagaimana cara penyelesaiannya. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif dengan menggunakan data primer (melalui wawancara), juga didukung dengan penelitian pustaka (library research) yang bertujuan mengumpulkan data atau informasi dengan bantuan dari berbagai referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas penjual pakaian sudah menerapkan khiyar, namun khiyar yang sering terjadi adalah khiyar aib dan khiyar syarat . Sedangkan kendala dalam menerapkan khiyar adalah kurangnya pemahaman tentang khiyar baik dari penjual maupun pembeli. Penyelesainnya yaitu pembeli ataupun penjual harus teliti dan berhati-hati terhadap barang yang akan ditransaksikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Fadzila Zila
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:17
Last Modified: 30 Jun 2022 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21649

Actions (login required)

View Item
View Item