Perancangan Perpustakaan Umum Kabupaten Pidie Jaya

Faisal, 160701002 (2022) Perancangan Perpustakaan Umum Kabupaten Pidie Jaya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perancangan Perpustakaan] Text (Perancangan Perpustakaan)
Faisal, 160701002, FST, ARS, 082390112201.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

Pendidikan adalah faktor penting dalam membentuk peradaban dan kemajuan dari sebuah daerah. Jejak peradaban manusia pada beberapa zaman ditandai dengan kemampuan berfikir, kemampuan intelektual dalam menciptakan dan mengembangkan ide-ide serta inovasi baru. Oleh karena itu dalam proses pengembangnya dibutuhkan fasilitas yang mampu mewadahi pusat edukasi dan kreativitas masyarakat yaitu perpustakaan.

Pidie Jaya sendiri belum tersedia perpustakaan umum, sehingga sangat membutuhkan sarana perpustakaan bagi peningkatan literasi, pengembangan ilmu pengetahuan dan pembentukan karakter masyarakat. Adapun faktor lain yang adalah kurangnya minat baca masyarakat dan fasilitas yang kurang memadai.
Pendekatan Tema pada perancangan perpustakaan ini adalah Eco Archictecture dengan fokus pada kenyamana. Pada pendekatan ini perpustakaan diharapkan dapat menciptakan wadah-wadah yang mendukung pengembangan program edukasi dan kreativitas, sehingga perpustakaan tidak hanya soal membaca tetapi ada proses learning melalu bentuk yang lain. Membuat ide-ide atau gagasan baru dengan system yang lebih kompatibel dan sesuai dengan karakter masyarakat.
Konsep kenyamanan yang diterapkan pada perancangan perpustakaan umum Pidie jaya salah satunya pada penerapaan konsep ruang dalam seperti penggunaan warna dan penambahan vegetasi dan penambahan material kayu yang memberikan kesan alami dan nyaman pada ruangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture (Arsitektur)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Faisal Faisal
Date Deposited: 01 Jul 2022 02:08
Last Modified: 01 Jul 2022 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21655

Actions (login required)

View Item
View Item