Analisis Kemampuan Guru dalam Menerapkan Power Point Terhadap Kebutuhan Multimedia Interaktif di MIN 5 Aceh Barat

Raudhatul Jannah, 170212110 (2022) Analisis Kemampuan Guru dalam Menerapkan Power Point Terhadap Kebutuhan Multimedia Interaktif di MIN 5 Aceh Barat. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis  Kemampuan  Guru  dalam  Menerapkan  Power Point Terhadap Kebutuhan Multimedia Interaktif di MIN 5 Aceh Barat] Text (Analisis Kemampuan Guru dalam Menerapkan Power Point Terhadap Kebutuhan Multimedia Interaktif di MIN 5 Aceh Barat)
Raudhatul Jannah, 1702121010, FTK, PTI, 0811686101 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Guru merupakan pilar utama dalam sistem pendidikan. Demi menghadapi tantangan industri 4.0, guru dituntut untuk mampu memanfaatkan media teknologi seperti power point di dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis power point diharap mampu menciptakan pembelajaran yang interaktif dan lebih menarik minat peserta didik dalam meningkatkan prestasi. Fokus karya ilmiah ini dan sekaligus tujuan penelitiannya yaitu untuk mengetahui kemampuan guru dalam menguasai power point terhadap kebutuhan multimedia interaktif di MIN 5 Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif analisis melalui pengumpulan data primer yang diperoleh dari penelitian lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari penelitian kepustakaan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Media pembelajaran berbasis power point telah diterapkan dengan baik oleh para guru MIN 5 Aceh Barat dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran berbasis power point memudahkan para guru dalam terciptanya proses pembelajaran yang efektif dan optimal. Hambatan seperti kemampuan guru dalam menggunakan power point dan keterbatasan sarana dan prasarana pendukung, seperti infokus, dapat diatasi dengan baik sehingga dapat dikatakan para guru telah mampu menerapkan pembelajaran media pembelajaran berbasis power point tersebut. Penerapan kompetensi dasar seperti kompetensi kepribadian, pedagogik, sosial dan profesional juga telah diterapkan dengan baik oleh para guru MIN 5 Aceh Barat di dalam proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis power point.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Raudhatul Jannah Raudha
Date Deposited: 01 Jul 2022 03:06
Last Modified: 01 Jul 2022 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21665

Actions (login required)

View Item
View Item