Pandangan Masyarakat Aceh Terhadap Partai Politik Islam (Studi Kasus pada Partai Politik Islam di Kabupaten Nagan Raya)

Fitri Muliati, 29173465 (2021) Pandangan Masyarakat Aceh Terhadap Partai Politik Islam (Studi Kasus pada Partai Politik Islam di Kabupaten Nagan Raya). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pandangan Masyarakat Aceh Terhadap Partai  Politik  Islam  (Studi  Kasus  pada Partai Politik Islam di Kabupaten Nagan Raya)] Text (Pandangan Masyarakat Aceh Terhadap Partai Politik Islam (Studi Kasus pada Partai Politik Islam di Kabupaten Nagan Raya))
Fitri Muliati, 29173465, PS, IAI, 082369403095.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Meskipun partai politik Islam mengidentifikasikan diri sebuah partai yang membawa simbol-simbol agama, tetapi tidak lantas menyebabkan masyarakat tertarik. Hal ini disebabkan karena partai-partai Islam belum mampu memperjuangkan kepentingan kaum muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pandangan masyarakat Aceh terhadap partai politik Islam studi kasus pada partai politik Islam di Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian data tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan mengacu pada landasan teori. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Pandangan masyarakat Aceh terhadap partai politi Islam ada yang menilai positif dan negatif. Hal tersebut tergantung bagaimana masyarakat melihat aksi-aksi nyata para pertugas partai di lapangan. positif penulis menemukan partai PKB dan PKS benar-benar menunjukkan diri sebagai partai yang berbuat untuk masyarakat Nagan Raya. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya program pro rakyat yang telah dilakukan. Yang berangkapan negatif penulis dapatkan bahwa partai yang berazaskan Islam di Nagan Raya hanya sekedar coraknya saja Islam, tapi dalam program-programnya tergantung siapa sosok kader didalam partai tersebut. Dari hasil penelitian tersebut dapat penulis simpulkan bahwa partai politik Islam dipandang masyarakat baik karena melihat kegiatan-kegiatan yang dilakukannya. Namun jika partai tersebut tidak memberikan keuntungan nyata dalam bagi masyarakat maka partai tersebut tidak baik, dan tidak mendukungnya meskipun pastai Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Fitri Muliati
Date Deposited: 01 Jul 2022 03:52
Last Modified: 01 Jul 2022 03:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21669

Actions (login required)

View Item
View Item